PDIP Usung Heri Cahyono-Ganis Rumpoko di Pilkada Kota Malang

Heri Cahyono resmi mundur dari jalur independen

Malang, IDN Times - Langkah cepat dilakukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada menit-menit akhir pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Malang 2024. Dibacakan langsung oleh Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Riandiana Kartika pada Rabu (28/8/2024) malam, mereka akhirnya memilih Heri Cahyono dan Ganis Rumpoko.

Heri Cahyono sendiri sebelumnya mendaftar melalui jalur independen ke KPU Kota Malang. Tapi ia dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat jumlah KTP dukungan.

1. Heri Cahyono ternyata sudah dibidik DPP PDIP sejak 2023

PDIP Usung Heri Cahyono-Ganis Rumpoko di Pilkada Kota MalangPengumuman surat rekomendasi PDIP untuk Pilwali Malang 2024 untuk Heri Cahyono dan Ganis Rumpoko. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Made mengungkapkan jika pemilihan Heri Cahyono bukanlah langkah yang mendadak, ternyata DPP PDIP sejak 2023 telah membidik Heri Cahyono untuk dicalonkan di Kota Malang. Tapi hingga kemarin siang, Heri Cahyono masih berjuang di jalur independen bersama Risky Wahyu Utomo alias Rizky Boncell. Sehingga Made mengatakan jika ia menghormati langkah Heri Cahyono ini.

Hingga akhirnya KPU Kota Malang menyatakan KTP dukungan Heri Cahyono-Rizky Boncell tidak memenuhi syarat. Akhirnya PDIP menawarkan tiket untuk maju melalui surat rekomendasi mereka, Heri Cahyono akhirnya menerima.

"PDI Perjuangan menaruh hormat pada keteguhan Sam HC untuk membidik kursi wali kota setempat melalui jalur perseorangan. Hingga akhirnya beliau bisa bekerja sama dengan kami," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (29/8/2024).

2. Ganis Rumpoko dianggap mewakili suara anak muda

PDIP Usung Heri Cahyono-Ganis Rumpoko di Pilkada Kota MalangPutri mantan Wali Kota Batu, Ganis Rumpoko. (Twitter/@ganisrumpoko)

Sementara wakilnya, Ganis Rumpoko sendiri merupakan kader asli PDIP. Ia juga anak dari 2 Mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko dan Dewanti Rumpoko. Ia juga terpilih sebagai anggota DPRD Kota Batu.

Ganis dipercaya akan menarik minat suara anak muda di Kota Malang. Alasan itulah yang membuatnya dipasangkan dengan Heri Cahyono.

"Mbak Ganis ini adalah pengusaha dan terpilih di DPRD Kota Batu. Jadi sudah siap melenggang ke panggung politik tingkat kota (Malang)," tegasnya.

3. Heri Cahyono-Ganis Rumpoko akan mendaftar ke KPU Kota Malang hari ini

PDIP Usung Heri Cahyono-Ganis Rumpoko di Pilkada Kota MalangKetua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Made juga menyampaikan jika pasangan Heri-Ganis ini akan mendaftar ke KPU Kota Malang pada hari ini. Mereka akan tiba sekitar pukul 15.00 WIB. Diketahui jika hari ini adalah hari terakhir pendaftaran di Pilkada Kota Malang 2024.

"Nanti sore kami datang ke Kantor KPU dan semua berkas sudah siap. Semoga kami diberikan kelancaran hingga hari pencoblosan," pungkasnya.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya