Ambulans di Malang jadi Korban Vandalisme

Pelaku melakukan aksinya pada dini hari

Malang, IDN Times - Sebuah ambulans milik relawan medis Readily Just Target (RJT) Kota Malang menjadi korban vandalisme orang tak bertanggung jawab. Terlihat coret-coretan dari cat berwarna merah jambu di kaca belakang ambulans berwarna putih, hijau, dan hitam dengan nomor polisi N 9897 EC ini.

Peristiwa ini diketahui terjadi pada Senin (11/12/2023) dini hari. Pelaku vandalisme yang berjumlah orang terekam CCTV. Kini, keduanya telah viral dan dalam pencarian.

1. Peristiwa terekam pada pukul 02.00 WIB

Ambulans di Malang jadi Korban VandalismeMobil ambulans yang jadi korban vandalisme di Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sopir ambulans, Amin Yunus Romadhoni (26) mengatakan jika berdasarkan rekaman CCTV, kejadian ini terjadi pada Senin (11/12/2023) pukul 02.00 WIB. Saat itu, ambulans terparkir di Jalan Semanggi Timur, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Tapi amin baru mengetahui mobil tersebut menjadi korban vandalisme setelah bangun pada pada pukul 06.00 WIB.

"Jadi ambulans ini memang terparkir di luar ruko. Saya mengatahui mobil ini jadi korban vandalisme setelah mau saya bersihkan seperti biasanya saat pagi," terangnya saat ditemui di TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Amin mengatakan tidak mengetahui maksud vandalisme ini, ia juga tidak bisa membaca pesan yang mereka tulis. Ia kemudian mengecek CCTV, ternyata ada 2 orang yang melakukan vandalisme pada mobil ambulans tersebut.

"Dua pelaku ini laki-laki yang usianya mungkin kisaran usianya 20 tahun. Satu pelaku yang melakukan vandalisme, satu lagi siaga di atas motor. Setelah itu mereka lari menggunakan sepeda motor ke arah timur," jelasnya.

2. Tidak hanya ambulans, 2 mobil lainnya juga menjadi sasaran vandalisme

Ambulans di Malang jadi Korban VandalismeRekaman CCTV pada mobil ambulans di Kota Malang. (IDN Times/istimewa)

Tidak hanya mobil ambulans milik RJT Kota Malang, kedua pelaku juga melakukan vandalisme pada 2 mobil yang terparkir di sekitar Jalan Semanggi Timur. Kedua mobil ini adalah Panther boks dan Daihatsu Grand Max.

"Ada tiga mobil yang jadi korban termasuk ambulans saya. Ketiganya memang terparkir tidak berjauhan. Dan vandalisme yang dilakukan juga mirip," ungkapnya.

RJT Kota Malang saat ini masih melakukan penyelidikan terkait siapa pihak yang melakukan vandalisme ini. Kasus ini juga telah viral di media sosial Instagram. Warganet juga menyayangkan sikap kedua pemuda yang melakukan vandalisme pada ambulans untuk kepentingan publik ini.

"Selama ini mobil ambulans terparkir di sini aman-aman saja dan tidak ada masalah. Jadi kita lakukan penyelidikan dulu siapa yang melakukan vandalisme ini," tuturnya.

Baca Juga: 10 Potret Vandalisme Lucu, Kreatif tapi Salah Tempat!

3. Pihak kepolisian sudah mendapatkan informasi terkait vandalisme ini

Ambulans di Malang jadi Korban VandalismeMobil ambulans yang jadi korban vandalisme di Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kapolsek Lowokwaru, AKP Anton Widodo mengatakan sudah mendapatkan informasi terkait vandalisme ini. Ia akan turun ke lokasi kejadian untuk mengecek CCTV untuk mencari tahu identitas para pelaku.

"Sementara ini kami akan mengecek rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui ciri-ciri pelaku vandalisme itu," pungkasnya.

Baca Juga: Vandalisme: Pengertian, Jenis, dan Sejarahnya 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya