Kota Malang Darurat Begal, Banyak Pengguna Medsos Curhat

Polisi sudah kantongi nama-nama pelaku

Malang, IDN Times - Kondisi Kota Malang pada malam hari mulai meresahkan, beberapa warga melaporkan jika mereka menjadi korban begal saat berkendara di malam hari. Kejadian-kejadian percobaan pembegalan ini mereka curahkan di media sosial Facebook hingga Instagram.

Warga bercerita jika pembegal ini muncul ketika memasuki pukul 23.00 WIB hingga dini hari. Lokasi-lokasi dengan jalan sepi dan gelap kerap kali jadi lokasi favorit untuk merampas kendaraan atau barang berharga korbannya.

1. Begal kendaraan hingga begal payudara mengancam warga Kota Malang

Kota Malang Darurat Begal, Banyak Pengguna Medsos CurhatIlustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Yang terbaru, warga melaporkan jika ada sekawanan begal yang berkeliaran di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Minggu (14/1/2024) pukul 01.30 WIB. Begal yang bersenjatakan celurit ini berani melakukan aksinya meskipun lokasinya tidak jauh dari Mapolresta Malang Kota.

Untungnya, korban berhasil terhindar dari aksi pembegalan berkat korek apinya yang berbentuk menyerupai pistol. Para pembegal ini lari karena mengira korek tersebut adalah pistol sungguhan.

Kemudian juga terjadi begal payudara pada Sabtu (13/1/2024) di sekitar Jalan Janti Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Dilaporkan jika korban saat itu sedang naik ojek online (ojol) menuju kediamannya pada pukul 23.30 WIB. Korban kemudian diikuti oleh 2 pemuda yang berboncengan dengan menaikkan sepeda motor Honda Supra X. Tiba-tiba kedua pria tersebut ingin merebut tas korban, tapi pengemudi ojol menendang motor keduanya sehingga aksi pejambretan digagalkan. Tapi kemudian salah satu pelaku tiba-tiba memegang payudara korban lalu melarikan diri, setelah itu korban dan pengemudi ojol terjatuh dari motor.

2. Polresta Malang Kota tengah menggencarkan patroli malam hari

Kota Malang Darurat Begal, Banyak Pengguna Medsos CurhatKasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Jajaran Polresta Malang Kota ternyata sudah mendapat banyak aduan terkait kondisi Kota Malang yang rawan saat malam hari. Oleh karena itu, mereka akan meningkatkan intensitas patroli pada malam hari. Mereka mengerahkan anggota-anggotanya di tingkat polsek, Satlantas Polresta Malang Kota, dan Samapta Polresta Malang Kota.

"Sekarang polresta sedang meningkatkan intensitas patroli. Jajaran polsek, samapta, maupun satlantas tengah melakukan antisipasi," terang Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto saat dikonfirmasi pada Selasa (16/1/2024).

Danang mengakui memang ada peningkatan pada jumlah kejahatan jalanan terutama pembegalan akhir-akhir ini. Mereka telah menerima beberapa laporan dari masyarakat.

3. Satreskrim Polresta Malang Kota telah mengantongi identitas para pelaku

Kota Malang Darurat Begal, Banyak Pengguna Medsos CurhatKasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Danang juga menegaskan jika mereka tidak diam saja setelah menerima laporan dari masyarakat. Mereka melakukan penyelidikan untuk mendapatkan identitas para pelaku pembegalan. Ia mengatakan jika sudah mengantongi beberapa nama pelaku.

"Nama-nama pelaku (pembegalan) dan dari kelompok mana mereka sudah kami petakan. Sekarang tinggal menunggu waktu untuk upaya paksa (ditangkap)," pungkasnya.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya