Kandidat Cawapres Prabowo yang Moncer di Jawa Timur

Nama Gibran tak papuler di Jatim

Malang, IDN Times - Kini tinggal Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang belum memiliki pasangan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres).

Bacapres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo telah bersanding dengan Mahfud MD. Sementara Bacapres Partai NasDem, Anies Baswedan sudah lama mendeklarasikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar sebagai Bacawapres.

Prabowo Subianto kini tengah menggodok 4 nama yang akan mendampingi dirinya. Ia membocorkan 4 calon yang berasal dari luar Pulau Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Oleh karena itu, Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memaparkan nama-nama cawapres potensial berdasarkan nilai elektabilitas di Jawa Timur.

1. Khofifah Indar Parawansa, kandidat paling populer di Jawa Timur

Kandidat Cawapres Prabowo yang Moncer di Jawa TimurGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Dok. Humas Prov Jatim)

Survei dari Pusat Studi Ilmu Politik UMM menyatakan jika Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi sosok paling populer sebagai Bacawapres. Tercatat jika berdasarkan survei pada September 2023, Khofifah memiliki elektabilitas 14,5 persen. Naik 1 persen dibandingkan elektabilitasnya pada bulan Juli 2023.

Khofifah diketahui kuat di kalangan usia Baby Boomers (59-85 tahun) dengan 16,8 persen suara. Ia juga kuat pada kelompok kultural Tapal Kudal dengan 17,6 persen. Khofifah juga menguasai suara kalangan non-santri dengan 16,6 persen.

"Khofifah juga unggul dalam suara kelompok perempuan dengan 17 persen. Dia juga unggul dalam suara kelompok jamaah pengajian PKS sebesar 33,3 persen," terang Ketua Tim Survey Pusat Studi Ilmu Politik UMM, Rully Inayah Ramadhan saat dikonfirmasi pada Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Survei UMM, Ganjar-Mahfud Rajai Elektabilitas di Jawa Timur

2. Erick Thohir, calon terkuat mendampingi Prabowo Subianto

Kandidat Cawapres Prabowo yang Moncer di Jawa TimurErick Thohir saat mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI. (IDN Times/Tino)

Nama Erick Thohir juga menguat untuk bersanding dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Meskipun elektabilitas Erick tidak begitu luar biasa di Jawa Timur. Ia hanya mengantongi 10 persen popularitas di Jawa Timur.

Namun, Ketua Umum PSSI ini memiliki peningkatan elektabilitas yang luar biasa dibandingkan pada Juli 2023. Ia mengalami kenaikan elektabilitas sebanyak 3,1 persen atau sebelumnya hanya 6,9 persen.

"Tapi nama Erick Thohir justru kuat pada kelompok keagamaan LDII di Jawa Timur. Tercatat di sana ia memiliki nilai 50 persen," bebernya.

3. Gibran Rakabuming Raka, namanya tidak cukup seksi di Jawa Timur

Kandidat Cawapres Prabowo yang Moncer di Jawa TimurGibran Rakabuming Raka. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Nama terakhir yang kerap kali disandingkan dengan Prabowo adalah putra sulung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Nama Gibran juga sempat jadi kegaduhan usai Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan batas usia capres dan cawapres. Namun, ternyata nama Gibran tidak cukup populer di Jawa Timur.

Gibran hanya mengantongi elektabilitas 4,2 persen di Jawa Timur. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bahkan lebih unggul dengan nilai 6 persen, begitu juga Yenny Wahid dengan 4,5 persen.

"Tapi sama seperti Erick Thohir, Gibran ini cukup populer di kalangan LDII. Di sana ia memiliki elektabilitas 50 persen," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Pendaftaran, Erick Thohir Masih Potensial Dampingi Prabowo

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya