Ibu Buang Bayi, Tulis Surat: Saya Ingin Kejar Karir Dulu 

Si ibu menulis akan kembali 5-6 tahun lagi saat sukses

Malang, IDN Times - Nasib malang harus dilalui bayi perempuan di Kabupaten Malang. Ia dibuang oleh ibu kandungnya sendiri di Dusun Majapurna Transad RT.35/RW.10, Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Rabu (23/8/2023) malam.

Yang paling memilukan, bayi tersebut ditinggalkan di rumah salah satu warga dengan susu bubuk dan sepucuk surat. Dalam isi surat tersebut, tertulis kalau sang ibu ingin mengejar karir daripada merawat anak kandungnya sendiri.

1. Polisi beberkan kronologi penemuan bayi dibuang demi karir

Ibu Buang Bayi, Tulis Surat: Saya Ingin Kejar Karir Dulu Bayi yang dibuang ibunya sendiri di Dusun Majapurna Transad RT.35/RW.10, Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. (Dok. Polsek Sumbermanjing Wetan)

Kapolsek Sumbermanjing Wetan, Iptu Heri Yani Suprapto menceritakan jika penemuan bayi ini bermula ketika Harianto mendengar suara bayi di sekitar rumahnya di Dusun Majapurna Transad pada pukul 20.30 WIB. Harianto merasa aneh karena menurutnya di sekitar rumahnya tidak ada keluarga yang memiliki bayi.

"Pak Harianto ini mencari asal suara bayi, dan menemukan bayi didepan rumahnya. Bayi itu ditaruh di dalam tas kain warna biru dengan ditutupi selimut dan kain hitam, disampingnya ada susu bayi SGM dan surat," terang Heri saat dikonfirmasi pada Kamis (24/8/2023).

Harianto kemudian melapor pada Ketua RW setempat kemudian diteruskan kepada Kades Harjokuncaran. Pihak desa kemudian menghubungi Polsek Sumbermanjing Wetan. Bayi tersebut kemudian dibawa ke Puskesmas Sumbermanjing Wetan untuk mendapatkan perawatan dan diobservasi.

Baca Juga: Limbah Popok Bayi di Jember Tembus 576 Ribu Perhari  

2. Isi surat dari ibu kandung bayi, ingin mengejar karir daripada merawat bayi tersebut

Ibu Buang Bayi, Tulis Surat: Saya Ingin Kejar Karir Dulu Isi surat dari ibu yang menbuang bayinya di Dusun Majapurna Transad RT.35/RW.10, Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. (Dok. Polsek Sumbermanjing Wetan)

Yang lebih memilukan adalah isi surat yang ditulis oleh ibu bayi, ia merasa jika merawat bayi akan menghambat karirnya. Oleh karena itu, ia menitipkan bayi tersebut pada keluarga Harianto. Ia bahkan sudah memberi nama pada bayi tersebut, Aleasha Lena Agustin.

"Saya tidak ada niatan membuang bayi ini, saya hanya ingin menitipkan pada ibu dan bapak. Saya ingin mengejar karir terlebih dahulu, kemudian setelah 5-6 tahun kedepan saat saya sukses akan kembali," tulis ibu yang hingga kini masih misterius identitasnya.

Dalam surat yang ditulis pada 21 Agustus 2023 ini juga tertulis kalau sang ibu minta maaf karena tindakannya ini. Si ibu percaya kalau anaknya adalah anak yang kuat. Ia juga berpesan pada anaknya agar menjadi anak yang berbakti dan sholehah.

"Untuk bapak/ibu saya mohon jangan lapor warga atau RT/RW setempat. Saya percaya bapak/ibu sanggup merawat anak saya," tutup surat tersebut.

3. Polisi kini mengejar sosok ibu yang tega membuang bayi ini

Ibu Buang Bayi, Tulis Surat: Saya Ingin Kejar Karir Dulu Ilustrasi bayi baru lahir. (pexels/Christian Bowen)

Lebih lanjut, Heri mengatakan kalau saat ini pihaknya tengah menyelidiki kasus pembuangan bayi ini. Pihaknya juga tengah melacak siapa sosok ibu yang tega menelantarkan anaknya sendiri ini. Pihaknya juga telah memeriksa saksi-saksi dalam kejadian ini.

"Saat ini kita masih mencari sosok ibu dari bayi ini, kami telah mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara). Selain itu, kami juga telah memeriksa saksi-saksi," tandasnya.

Baca Juga: Bayi Perempuan Dibuang di Pinggir Jalan Bojonegoro

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya