Hujan Disertai Angin Kencang, Pelajar di Kota Batu Tertimpa Pohon

Korban tertimpa saat tengah berkendara sepeda motor

Batu, IDN Times - Wilayah Kota Batu dilanda hujan dalam beberapa hari terakhir. Tidak hanya hujan, wilayah Kota Batu juga dilanda angin kencang. Hal ini membuat banyak bencana hidrometeorologi di berbagai tempat. Dilaporkan terjadi pohon tumbang hingga atap rumah warga mengalami kerusakan. Bahkan dilaporkan ada siswa SMK yang tertimpa pohon saat berkendara.

1. Polisi melaporkan ada 1 siswa SMK yang tertimpa pohon

Hujan Disertai Angin Kencang, Pelajar di Kota Batu Tertimpa PohonKorban pohon tumbang di Jalan Brantas, Kelurahan Nganglik, Kota Batu. (Dok. Humas Polres Batu)

Polres Batu melaporkan jika ada 2 pohon tumbang terjadi di Jalan Brantas, Kelurahan Nganglik, Kecamatan Batu, Kota Batu pada Selasa (12/3/2024). Pohon ini menimpa seorang siswa SMK PGRI 3 Malang berinisial MAMH (17) yang tengah berkendara. Diketahui pohon tersebut adalah Pohon Cherry setinggi 9 meter berdiameter 35 sentimeter.

Anggota Polres Batu bersama Polsek Kota Batu dan BPBD Kota Batu mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan pertolongan pertama serta membawa korban ke RS Bhayangkara Hasta Brata Kota Batu. Selain itu, BPBD Kita Bati dibantu Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu serta TNI/Polri melakukan evakuasi pada pohon.

"Untuk korban saat ini masih diobservasi dan mendapatkan perawatan di RS Bhayangkara Hasta Brata Batu.Semoga korban segera pulih dan insiden seperti ini dapat mendorong peningkatan kesadaran akan keselamatan di jalan," terang anggota Polres Batu, Aiptu Muda.

Baca Juga: Tertimpa Pohon Tumbang, Pengendara Motor di Trenggalek Tewas

2. BPBD Kota Batu melaporkan ada 2 pohon tumbang lain di Kota Batu

Hujan Disertai Angin Kencang, Pelajar di Kota Batu Tertimpa PohonPohon tumbang di Jalan Brantas, Kelurahan Nganglik, Kota Batu. (Dok. Humas Polres Batu)

Selain di Jalan Brantas Kelurahan Nganglik, BPBD Kota Batu juga melaporkan ada 3 pohon tumbang lain di Kota Batu. Diantara di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Di sini ada Pohon Sono dengan tinggi 15 meter berdiameter 50 centimeter tumbang hingga menimpa kabel milik PT Telkom dan menutup badan jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Pura Luhur Giri Arjuno, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dilaporkan bahwa pohon ini memiliki tinggi 30 meter dan berdiameter 80 centimeter.

"Pohon tumbang ini terjadi sekitar pukul 12.00 WIB sehingga mengganggu warga yang sedang menjalani ibadah. Jadi haris kita evakuasi sesegera mungkin," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

3. BPBD Kota Batu melaporkan angin kencang membuat bangunan rumah warga dan TPA rusak

Hujan Disertai Angin Kencang, Pelajar di Kota Batu Tertimpa PohonIlustrasi badai angin (IDN Times/Aditya Pratama)

Tidak hanya pohon tumbang, angin kencang dilaporkan merusak rumah warga di Jalan Mangga Nomor 2 Gang XVIIB RT.3/RW.12, Dusun Gondorejo, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Dilaporkan bahwa atap rumah warga ambruk, untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Selain itu, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Induk Among Tani juga mengalami kerusakan. Atap bangunan TPS ini diterbangkan angin kencang membuat 3 rumah di belakang Pasar Induk Among Tani rusak.

"Untungnya tidak ada korban jiwa, hanya saja 3 rumah di belakang pasar mengalami kerusakan. Jadi kami menghimbau warga dan wisatawan tetap waspada, karena Kota Batu masih mengalami cuaca ekstrim," pungkasnya.

Baca Juga: Perempuan di Surabaya Tewas Tertimpa Ranting Saat Membonceng Ibunya

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya