Hujan Deras Sebabkan Longsor di Malang, Satu Orang Tewas

Longsor menghancurkan rumah warga

Malang, IDN Times - Cuaca ekstrem yang melanda Jawa Timur menelan satu orang korban jiwa di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Akibat hujan deras pada Senin (27/02/2023) malam mengakibatkan longsor yang menimpa salah satu rumah warga. Satu orang korban tertimpa longsor atas nama Tuminah (86) dinyatakan meninggal dunia. Sementara satu lagi warga bernama Misdi (65) saat ini masih koma.

1. Hujan terjadi sejak pukul 19.30 WIB

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Malang, Satu Orang TewasKondisi rumah terkena longsor di Dusun Ganten. (Dok. BPBD Kabupaten Malang)

Kejadian tanah longsor ini sendiri terjadi karena hujan deras pada Senin malam sejak pukul 19.30 WIB hingga 21.30 WIB. Hujan ini menyebabkan tebing di Dusun Ganten, Desa Tulungrejo RT.19/RW.08, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang longsor.

"Hujan yang terjadi berjam-jam ini mengakibatkan adanya tanah longsor menimpa sebagian bangunan rumah salah satu warga. Karena tunah tersebut dekat dengan tebing atau bukit tanah," terang Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan saat dikonfirmasi pada Selasa (28/02/2023).

Rumah yang ternyata milik Tuminah ini langsung dihantam material longsoran berupa tanah, batu, hingga kayu. Mengakibatkan atap dan tembot jebol dan memimpa Tuminah yang tengah berada di dalam rumah. Kemudian Misdi yang merupakan tetangga Tuninah menocoba menyelamatkan perempuan lansia ini, sayangnya ia justru ikut terkena longsoran material. Misdi akhirnya pingsan dan sempat mengalami koma.

"Jadi korban yang koma itu tetangganya yang punya rumah, ikut tertimpa longsor karena mau menolong niatnya. Tapi tertimpa longsor susulan dan kita evakuasi ke RS Madinah Kasembon," jelasnya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Landa Mojokerto, Akses 2 Desa Terputus 

2. BPBD langsung melakukan evakuasi

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Malang, Satu Orang TewasKondisi korban longsor di Dusun Ganten. (Dok. BPBD Kabupaten Malang)

Setelah mendengar kejadian tersebut, BPBD Kabupaten Malang langsung melakukan evakuasi kepada para korban. Terdapat 6 orang dalam satu Kepala Keluarga (KK) yang terdampak longsor ini.

"Rumah yang terdampak longsor mengalami kerusakan mulai dari dinding jebol dan membahayakan penghuni. Sementara atap rumah yang menggantung langsung dievakuasi semua sementara," ujar Sadono.

Sayangnya, Tuminah tidak berhasil diselamatkan. Namun, Misdi dikabarkan kondisinya mula membaik setelah mendapatkan perawatan dari rumah sakit. Tapi ia masih haris menjalani perawatan akibat luka di bagian kepala.

"Korban meninggal atas nama Tuminah semalam sudah terevakuasi. Dan pagi tadi sekitar jam 7 sudah dimakamkan oleh keluarga dan warga," paparnya.

3. Empat warga lainnya diungsikan

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Malang, Satu Orang TewasKondisi rumah terkena longsor di Dusun Ganten. (Dok. BPBD Kabupaten Malang)

Sadono mengatakan 4 warga lainnya kini telah diungsikan karena kondisi rumah yang tak layak huni lagi. BPBD Kabupaten Malang juga menyediakan terpal, matras, dan bantuan sembako untuk memenuhi keluarga korban terdampak longsor.

"BPBD Kabupaten Malang melakukan gerak cepat dengan asesmen dan kaji cepat. Kita bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tulungrejo dan instansi terkait," pungkasnya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Landa Mojokerto, Akses 2 Desa Terputus 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya