Hari Raya Nyepi, Gunung Bromo Ditutup Selama Dua Hari

Wisawatan dilarang masuk Gunung Bromo selama Hari Raya Nyepi

Malang, IDN Times - Hari Raya Nyepi di Indonesia tahun ini jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Para umat Hindu di seluruh Indonesia pun tengah bersiap membuat perayaan, tak terkecuali Masyarakat Tengger di lereng Bromo. Untuk menghormati perayaan ini, akses wisata ke Gunung Bromo pun akan ditutup.

1. PHDI Kabupaten Probolinggo meminta TNBTS menutup Gunung Bromo sementara

Hari Raya Nyepi, Gunung Bromo Ditutup Selama Dua HariIlustrasi Gunung Bromo. (dok. BB TNBTS)

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo telah menerbitkan surat Nomor 378/Pem/PHDI-KAB/II/2024 tanggal 20 Februari 2024 bahasa Hari Raya Nyepi akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Oleh karena itu, mereka mengajukan penutupan di sejumlah wilayah agar Umat Hindu bisa melaksanakan ibadah dengan khidmat.

"Di Kabupaten Probolinggo kita meminta penutupan di Desa Wonorejo Kecamatan Sukapura. Di Kabupaten Pasuruan di Desa Wonokriti. Sementara di Kabupaten Malang atau Lumajang penutupan di Jemplang," ujar Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto pada Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Terdakwa Pembakaran Gunung Bromo Divonis Penjara 2 Tahun 6 Bulan

2. TNBTS akan menutup Gunung Bromo selama 2 hari

Hari Raya Nyepi, Gunung Bromo Ditutup Selama Dua HariPengumuman penutupan Gunung Bromo selama Hari Raya Nyepi 2024. (Dok. BB TNBTS)

Kepala Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Hendro Widjanarko mengatakan jika pihaknya telah menerima surat edaran dari PHDI Kabupaten Probolinggo. Ia mengatakan akan menutup Gunung Bromo demi menghormati ibadah yang dilakukan Umat Hindu.

"Kegiatan wisata Gunung Bromo ditutup secara total mulai Senin tanggal 11 Maret 2024 pukul 00.00 WIB sampai dengan Selasa 12 Maret 2024 pukul 06.00 WIB. Ini demi menghormati Hari Suci Nyepi tahun baru Saka 1946/2024 Masehi," ujarnya.

Hendro mengatakan jika penutupan akan dilakukan di jalur dari arah Probolinggo yanh ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Sementara dari arah Kabupaten Pasuruan akan ditutup dari Desa Wonokitri Kecamatan Tosari. dan dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang ditutup di Jemplang.

3. BB TNBTS berharap tidak ada wisatawan yang nekat berangkat ke Gunung Bromo

Hari Raya Nyepi, Gunung Bromo Ditutup Selama Dua HariKepala BB TNBTS, Hendro Widjanarko. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Hendro mengingatkan agar wisatawan tidak nekat berangkat ke Gunung Bromo pada tanggal tersebut. Ia menegaskan akan ada petugas TNBTS dan pecalang yang akan berjaga di perbatasan desa-desa yang ditutup. Jika ada kendaraan yang melintas akan diusir jika tetap nekat berusaha masuk.

"Diharapkan kepada masyarakat, pengunjung, dan pihak-pihak terkait bisa memahami ini. Sehingga Umat Hindu di sekitar kawasan Gunung Bromo bisa beribadah dengan nyaman," pungkasnya.

Baca Juga: Muncul Asap Setinggi 700 Meter, Gunung Bromo Kembali Ditutup

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya