Dosen UB Dilaporkan Menghilang Misterius

Korban terlihat terakhir saat acara aqiqah di depan rumahnya

Malang, IDN Times - Tersebar pamflet orang hilang di Kota Malang, yakni Habibi Subandi (40) warga Perumahan Pandanwangi Royal Park Jalan Simpang Sulfat Utara, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Habibi tercatat sebagai dosen aktif Universitas Brawijaya (UB) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Pada pamflet tersebut tertulis bahwa Habibi hilang kontak sejak 3 Juni 2024. Ia memiliki ciri-ciri fisik rambut ikal, tinggi 170 centimeter, dengan perawakan tubuh agak gemuk.

1. Keluarga Habibi mengatakan jika Habibi tinggal sendirian

Dosen UB Dilaporkan Menghilang MisteriusPamflet dosen UB yang dilaporkan menghilang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kakak Habibi, Helmiyah mengatakan jika ia kehilangan kontak dengan adik kandungnya ini sejak awal Juni 2024. Tapi ia terakhir kali berkomunikasi dengan Habibi pada 18 Mei 2024. Setelah 2 minggu hilang kontak, ia dinyatakan hilang kontak pada 3 Juni 2024.

"Saat tanggal 18 Mei itu kami masih komunikasi dan masih direspon. Sekarang nomor handphone-nya sudah tidak aktif mulai tanggal 3 Juni sampai sekarang," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (15/6/2024).

Helmiyah juga menjelaskan jika adiknya tinggal sendiri di Perumahan Pandanwangi Royal Park. Pasalnya ia telah bercerai dengan istrinya sejak 1,5 tahun lalu.

"Sebelumnya kami sudah berkomunikasi dengan mantan istrinya, dan juga tidak ada. Sekarang kami kurang tahu dia (Habibi) ada di mana, karena kami juga posisinya di Probolinggo," ucapnya.

Baca Juga: Nasib Maba UB Jalur SNBP Terlanjur Mundur Gegara UKT

2. Ketua RT membenarkan jika Habibi telah hilang dan tidak pulang ke rumahnya

Dosen UB Dilaporkan Menghilang MisteriusRumah dosen UB yang dilaporkan menghilang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketua RT.20, Taufik membenarkan jika ada seorang warganya yang dilaporkan hilang. Taufik mengatakan jika Habibi sudah tidak bisa dihubungi dan tidak pulang sejak awal Juni 2024.

"Terakhir ketemu saya waktu acara akikah di tetangga depan rumahnya Pak Habibi. Setelah itu dia sudah tidak kelihatan pulang lagi," bebernya.

Taufik menceritakan juga jika sehari-hari Habibi dikenal sebagai dosen UB. Tapi ia tidak mengetahui kegiatan sehari-harinya di perkampungan karena ia tinggal beda blok.

3. Sekuriti sempat melihat Habibi Subandi keluar perumahan pada awal Juni 2024

Dosen UB Dilaporkan Menghilang MisteriusRumah dosen UB yang dilaporkan menghilang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sekuriti Pandanwangi Royal Park, Robi mengatakan jika terakhir kali ia melihat Habibi keluar dari rumahnya pada awal Juni 2024. Setelah itu ia bertemu lagi dengan Habibi saat akikah di depan rumahnya.

"Tapi biasanya dia keluar perumahan mutar lewat perumahan sebelah, kan di sana bisa tembus. Cuma memang kelihatan naik motor matic itu," bebernya.

Robi mengatakan sehari-hari rumah Habibi jarang terlihat ada aktivitas apapun dan jarang ada tamu. Sempat ada dugaan Habibi lari dari jeratan pinjaman online (pijol), tapi Robi mengatakan jika rumah Habibi tidak pernah didatangi oleh debt kolektor.

"Kalau orang yang mencurigakan sih nggak ada, karena jarang yang ke rumahnya. Terakhir itu 4 hari lalu itu temannya dari kampus tanya, memastikan kondisinya tapi nggak ada orangnya di rumah. Kemudian kemarin itu saudaranya juga ke rumahnya tapi saya suruh ke Pak RT dulu, kalau ndobrak rumah memastikan kondisi di rumahnya," pungkasnya.

Baca Juga: Perjuangan Mahasiswa UB Mengawal UKT Belum Usai 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya