Diterpa Hujan Disertai Angin, Pujasera Lawang Tertimpa Pohon

Pohon tumbang membuat 12 kios rusak

Malang, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Malang sejak siang hingga petang. Kondisi ini membuat wilayah Kabupaten Malang mengalami bencana hidrometeorologi.

Dilaporkan angin kencang melanda wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Dilaporkan sebuah pohon berusia tua menimpa sebuah kompleks warung dan kedai atau Pujasera.

1. BPBD Kabupaten Malang ceritakan kronologi kejadian pohon tua tumbang di Pujasera Lawang

Diterpa Hujan Disertai Angin, Pujasera Lawang Tertimpa PohonProses evakuasi pohon di Pujasera Lawang. (Dok. BPBD Kabupaten Malang)

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengungkap jika kejadian ini terjadi pada Jumat (19/1/2024) pukul 13.00 WIB. Saat itu hujan deras disertai angin terjadi di Pujasera Jalan Tawang, Kelurahan Lawang, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. 

Warga sebenarnya sudah mewanti-wanti pohon besar yang ada di sekitar pujasera akan tumbang. Benar saja, terdengar suara pohon lapuk dan menerjang sejumlah kios.

"Telah terjadi angin kencang dan kondisi pohon sudah tua dan lapuk yang menyebakan Pohon Wangkal dengan diameter 100cm tumbang. Kejadian ini terjadi pada pukul 15.00 WIB di Pujasera Lawang," terangnya.

Baca Juga: Polisi Mulai Temui Para Korban Begal di Malang

2. Tercatat sebanyak 12 kios mengalami kerusakan

Diterpa Hujan Disertai Angin, Pujasera Lawang Tertimpa PohonProses evakuasi pohon di Pujasera Lawang. (Dok. BPBD Kabupaten Malang)

Sadono mengatakan jika akibat kejadian ini ada sebanyak 12 kios mengalami kerusakan akibat tertimpa badan pohon. Terlihat beberapa kios yang terbuat dari seng dan papan kayu hancur berkeping-keping karena saking besarnya kayu yang menimpa.

"Sebanyak 8 kios mengalami kerusakan berat. Sementara 4 kios lainnya mengalami kerusakan sedang," ujarnya.

Personil BPBD Kabupaten Malang dibantu oleh TNI/Polri dan masyarakat akhirnya melakukan evakuasi. Badan-badan pohon yang merusak bangunan dipotong menjadi beberapa bagian agar mudah disingkirkan dan diangkut.

3. Sadono mengatakan evakuasi pohon tumbang membutuhkan waktu 3 jam

Diterpa Hujan Disertai Angin, Pujasera Lawang Tertimpa PohonProses evakuasi pohon di Pujasera Lawang. (Dok. BPBD Kabupaten Malang)

Sadono melanjutkan jika tidak mudah untuk mengevakuasi pohon tumbang di Pujasera Lawang. Pasalnya diameter yang besar membuat pohon ini berat untuk dipindahkan.

"Proses evakuasi varu selesai sekitar pukul 18.00 WIB. Butuh sekitar 3 jam untuk memindahkan seluruh pohon," tandasnya.

Baca Juga: Podcaster Pengabdi Setan Malang Penuhi Panggilan Polisi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya