Berasa Kondangan, TPS di Kabupaten Malang Dihias Wedding Party

Duh, yang jomblo pasti ngenes #GenZMemilih

Malang, IDN Times - Pesta demokrasi di Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang berjalan tidak membosankan. Pasalnya kreativitas panitia KPPS di sana diuji dengan lomba kreativitas menghias Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satunya di TPS 05 yang dihias seperti acara Wedding Party.

"TPS 05 ini kita mengambil tema Wedding Party, menampilkan biar masyarakat datang. Karena yang dulu-dulu TPS ini biasa aja, jadi sekarang kita cari yang beda. Tujuannya untuk menggaet masyarakat agar datang," terang Ketua KPPS TPS 05 Desa Kademangan, Pujiono saat dikonfirmasi pada Rabu (14/2/2024).

Berkat ide ini, partisipasi masyarakat jadi melonjak, Pujiono mengatakan jika sejak pagi masyarakat sudah berbondong-bondong untuk menyumbangkan hak suaranya. Ia mengungkapkan jika di TPS 05 ada 274 DPT yang tercatat.

"Sampai-sampai 25 kursi yang kita sediakan tidak cukup. Karena sejak pagi masyarakat yang datang membludak," tegasnya.

Pujiono mengungkapkan jika tema wedding party ini sudah dikonsep sejak pengumuman lolos anggota KPPS di sana. Sehingga dekorasi yang dipasang bisa lebih terkonsep daripada dipasang secara mendadak.

"Anggarannya kita dari operasional, ini dari pengalihan dana yang sudah ada. Yang terpenting tidak menyalahi aturan saja, karena kita konsultasi juga. Banyak dekorasi yang gak beli, misalnya kelapa kita ambil langsung dari pohon," jelasnya.

Pujiono mengaku sangat terkesan dengan kekompakan anggota KPPS di TPS 05. Sehingga jalannya pesta demokrasi hari ini bisa berjalan meriah. Ia berharap kedepannya TPS tidak lagi membosankan, tapi bisa dihias sehingga masyarakat mau datang saat hari pemungutan suara.

"Benar yang melombakan dari desa. Tapi kalau tidak dilombakan sekalipun, kita tetap akan mengambil konsep ini," pungkasnya.

Baca Juga: Usai Nyoblos, Bupati Malang Acungkan Jari Tengah Bertinta

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya