Bengkel Karoseri di Malang Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini

Malang, IDN Times - Kebakaran dilaporkan terjadi di PT Piala Mas 2, Dusun Petungwulung, Desa Toyomarto Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada Senin (25/3/2024). Api yang diketahui sejak pagi hari melahap bangunan dan kendaraan mulai dari mobil hingga bus yang ada di dalam karoseri ini.

1. Damkar Kabupaten Malang ceritakan kronologi kebakaran di Karoseri PT Piala Mas

Bengkel Karoseri di Malang Terbakar, Kerugian Ratusan JutaPemadaman api di karoseri PT Piala Mas. (Dok. Damkar Kabupaten Malang)

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Sigit Yuniarto menceritakan jika kejadian ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu ada seorang pegawai yang mengambil limbah fiber, kemudian todak sengaja menyenggol thiner sehingga menyebabkan percikan api.

"Percikan ini menyebabkan bodi bus terbakar, api kemudi kian membesar karena juga menyambar limbah fiber. Beberapa pegawai mencoba memadamkan api, tapi api kian membesar," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (25/3/2024).

Karena api todak kunjung padam, pegawai PT Piala Mas kemudian meminta bantuan pada PT Siantono. Sehingga dikerahkan sebuah mobil tangki air untuk membasahi api.

Baca Juga: Perampokan di Malang, Polisi Telah Periksa 12 Saksi

2. Damkar Kabupaten Malang menyebut jika api baru bisa dijinakkan setelah 2 jam

Bengkel Karoseri di Malang Terbakar, Kerugian Ratusan JutaPemadaman api di karoseri PT Piala Mas. (Dok. Damkar Kabupaten Malang)

Sigit mengungkap jika Damkar Kabupaten Malang mendapatkan laporan ini pada pukul 10.52 WIB. Tim Damkar Kabupaten Malang kemudian langsung terjun ke lokasi dan tiba pada pukul 11.00 WIB. Mereka menerjunkan sebanyak 4 unit kendaraan pemadam kebakaran.

"Kendala pemadaman ini karena bahan yang mudah terbakar (fiber). Sehingga api cukup sulit dijinakkan," bebernya.

Untungnya api benar-benar berhasil dipadamkan pada pukul 12.35 WIB. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

3. Damkar Kabupaten Malang memperkirakan kerugian mencapai Rp100 juta

Bengkel Karoseri di Malang Terbakar, Kerugian Ratusan JutaPemadaman api di karoseri PT Piala Mas. (Dok. Damkar Kabupaten Malang)

Meskipun tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian akibat kejadian ini mencapai ratusan juta. Ini dikarenakan api melahap beberapa kendaraan hingga hangus terbakar.

"Kerugian diprediksi mencapai kurang lebih Rp100 juta. Kebakaran menyebabkan beberapa kendaraan hangus terbakar," tandasnya.

Baca Juga: Tersangka Pabrik Miras Ilegal Terbesar di Malang Bertambah

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya