BB TNBTS Temukan 5 Ton Sampah saat Bersihkan Gunung Bromo

Sampah didominasi plastik bungkus makanan

Malang, IDN Times - Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali melakukan pembersihan Gunung Bromo. Pembersihan ini dilaksanakan selama 2 hari, sehingga kawasan Gunung Bromo ditutup total.

Dari hasil pembersihan tersebut, BB TNBTS menemukan berton-ton sampah. Penemuan ini miris karena menandakan masih kurangnya kesadaran wisatwan akan kebersihan lingkungan.

1. Bersihkan Gunung Bromo 2 hari

BB TNBTS Temukan 5 Ton Sampah saat Bersihkan Gunung BromoAksi bersih Gunung Bromo pada 23-24 Juni 2024. (Dok. BB TNBTS)

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) BB TNBTS, Septi Eka Wardani mengatakan aksi bersih sampah sebagai bagian dari pemulihan ekosistem dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 23-24 Juni 2024.

Pembersihan tanggal 23 Juni 2024 dilakukan sekitar area Pura Luhur Poten, Bunker, lereng dan bibir kawah Gunung Bromo. Kemudian pada tanggal 24 Juni 2024  area bersih sampah berlokasi di blok Lembah Watangan/Savana, Watu Gede, dan Jemplang.

"Aksi ini dilaksanakan gabungan terdiri dari petugas TNBTS, TNI, Polri, paguyuban Jeep, paguyuban kuda, paguyuban ojek, paguyuban PKL, masyarakat, dan relawan. Selama 2 hari aksi bersih sampah mendapatkan kurang lebih 5 ton sampah yang dimuat oleh 10 kendaraan jenis pikap dan Jeep," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (26/6/2024).

Baca Juga: Kebakaran Gunung Bathok di Kawasan Bromo Dipadamkan

2. BB TNBTS mengungkapkan jika sampah didominasi plastik bungkus makanan

BB TNBTS Temukan 5 Ton Sampah saat Bersihkan Gunung BromoAksi bersih Gunung Bromo pada 23-24 Juni 2024. (Dok. BB TNBTS)

Septi mengungkapkan jika sampah yang mereka temukan didominasi oleh sampah plastik. Sampah ini bisa memicu kebakaran jika dibiarkan dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai sendiri.

"Sampah yang terkumpul didominasi oleh sampah plastik seperti botol dan makanan ringan. Sampah yang terkumpul kemudian dibawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) terdekat," ujarnya.

3. Imbau wisatawan lebih sadar terhadap lingkungan

BB TNBTS Temukan 5 Ton Sampah saat Bersihkan Gunung BromoAksi bersih Gunung Bromo pada 23-24 Juni 2024. (Dok. BB TNBTS)

Penemuan 5 ton sampah ini cukup membuat petugas miris dengan kesadaran wisatawan terhadap lingkungan. Padahal sudah terdapat imbauan agar tidak membuang sampah sembarangan di kawasan Bromo Tengger Semeru. Oleh karena itu, Septi berharap agar kesadaran wisatawan kedepannya lebih ditingkatkan.

"Kami mengimbau jadilah pengunjung yang cerdas dengan menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah di kawasan TNBTS. Bawalah kembali sampah keluar dari kawasan," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Kembali Melanda Gunung Bromo

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya