Bawaslu Kota Batu Tangkap Terduga Pelaku Money Politic

Terduga pelaku sudah membagikan uang sejumlah Rp20 juta

Malang, IDN Times - Money Politic tampaknya belum sirna di tengah masyarakat. Pasalnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu menangkap seorang terduga pelaku politik uang. Dia adalah YH (60) yang tertangkap tangan tengah membawa sejumlah uang beserta bukti kartu pemenangan salah satu calon presiden (capres) dan calon legislatif (caleg) dapil II.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto mengatakan jika YH ketahuan akan melakukan serangan fajar kepada sejumlah warga Jalan Wilis Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tapi aksinya ketahuan terlebih dahulu pada Selasa (13/2/2024) pukul 23.30 WIB.

"Yang bersangkutan membawa uang sebesar Rp500 ribu, lalu juga ada kartu nama san stiker bergambar salah satu capres dan caleg dapil II yang jumlahnya ada 29 buah. Rencananya uang itu akan diberikan pada satu keluarga agar memilih calon yang dia dukung," jelasnya saat dikonfirmasi pada Rabu (14/2/2024).

Saat ditangkap, YH tidak bisa mengelak lagi dan mengakui semua perbuatannya. Ia bahkan mengaku telah membagikan uang dengan nominal Rp20 juta ke beberapa warga di Kelurahan Sisir.

"Jadi uang tersebut dibagikan ke setiap warga dengan nominal Rp100 ribu. Total uang dibagikan sudah mencapai Rp20 juta," bebernya.

Kasus ini sendiri kini dalam pendalaman pihak Bawaslu Kota Batu. Kasus ini kini tengah dalam pembahasan di sentra Gakumdu. Seandainya terbukti ada unsur pidana, maka perkara ini akan dilanjutkan proses penyidikan oleh Satreskrim Polres Batu.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya