91 Titik Salat Id Muhammadiyah Malang 21 April 2023

Ada 2 lokasi yang diprediksikan jadi konsentrasi jamaah

Malang, IDN Times - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah memutuskan jika Idul Fitri 1.444 H akan jatuh pada 21 April 2023. Hal ini kemungkinan akan berbeda dari keputusan pemerintah yang kemungkinan jalannya Salat Id akan dilaksanakan pada 22 April 2023.

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang telah melakukan berbagai persiapan untuk menindaklanjuti keputusan PP Muhammadiyah. Salah satunya dengan mendata 91 titik pelaksanaan Salat Id di Malang Raya.

"Kami (PDM) tidak meminta ijin (pelaksanaan Salat Ied), karena yang mengurus ijin dari panitia setempat. Tapi Alhamdulillah selama ini tidak ada halangan," terang Radix Murseno Aji, selaku Ketua Majelis Tabligh PDM Kota Malang saat dikonfirmasi pada Rabu (19/05/2023).

1. PDM Kota Malang menyebut ada 91 titik Salat Ied di Malang Raya

91 Titik Salat Id Muhammadiyah Malang 21 April 2023Titik-titik Salat Ied jamaah Muhammadiyah. (PDM Kota Malang)

Ada total 91 titik Salat Ied warga Muhammadiyah di Malang Raya. Dimana rinciannya 61 titik di Kota Malang, 27 titik di Kabupaten Malang, dan 3 titik di Kota Batu.

Di Kota Malang mulai dari Masjid Al-Hasyr Kedungkandang, Masjid Al-Hikmah Jalan Alpaka, Masjid Nurul Islam Bukit Cemara Tujuh, Masjid Insan Karim Jalan Mertojoyo, Gor Ken Arok, Masjid Assalam Blimbing, Kampus ABM Malang, Masjid Al Magfiroh, Masjid Fordaus Ciliwung, Masjid Imam Bonjol Sukun, Masjid Sara Al Uraili Cemorokandang, Masjid Mujahidin Pertigaan Mergosono, Masjid Darussalam Lapangan Krido Utomo, Kampus Akademi Pertanian Malang, Masjid Nurul Huda Klojen, Masjid Siti Masyitoh Sukun, Stadion Gajayana, Masjid Rahmat Sulfat Agung, Masjid Muhammad Hatta, Lapangan Dinoyo, Masjid Muqorobun Jalan Soekarno Hatta, Masjid Al-falah MAN 2 Malang, Jalan Pasar Comboran, Samsat Kebonsari Sukun, Masjid PB Jenderal Sudirman, Masjid Al Fadhilah, Masjid Imam Bukhori PDM Kota Malang, Masjid Al-Hikmah Lesanpuro, Kampus 2 Widyagama, Ponpes Al Munawaroh Kedungkandang, Kantor Bakorwil Malang, Masjid Darul Muttaqin Jalan Bandulan, RSI Aisyiyah Malang, Masjid Al Islah Bamumiayu, Lapangan Superindo Blimbing, Stadion Kelurahan Gadang, Masjid Mujahidin Mergan Sukun, Masjid Sabilissalam, Lapangan Sukun Pondok Indah, Masjid Fatimah, Masjid Asy Syifa Kebonsari, Lapangan Simpang Balapan, Lapangan Bola Voly Bunulrejo, Masjid Miftahul Jannah Lowokwaru, Lapangan UB (Universitas Brawijaya) Sport Center, Mushola Al Fattah Jalan Taman Siswa, Masjid Al-Furqon Sukun, Lapangan SDN Blimbing 1, Masjid Zam-Zam Blimbing, Masjid Arafah Lowokwaru, Taman Krida Budaya, Masjid Jannatul Qoror, Masjid Al-Istiqomah Blimbing, Masjid Yasalam. Masjid Ki Ageng Gribig, Masjid Muhammad Ilyas Perum Casablanca, Masjid Abdul Haffy Cemorokandang, Masjid Baiturrahman Jalan Danau Singkarak, Masjid Bin Baz Tlogowaru, Masjid Manarul Islam, Jalan Kyai Tamin, dan Masjid Al Huda Pattimura.

Sementara di Kabupaten Malang akan ada di Lapangan Sepakbola RSJ Sumberporong Lawang, Masjid Taqwa Jabung, Majid Al-Ikhlas Dau, Lapangan Kendalpayak Pakisaji, Masjid Nurul Islam Sumbersuko Tajinan, PCM (Pengurus Cabang Muhammadiyah) Kepanjen, Masjid Darul Arqam Pakisaji, Masjid Al Firdaus Sitirejo Temu Wagir, Stadion Tumpang, Lapangan Ngantang Selorejo, Lapangan Ngantang, Masjid Al-Mukminun Sawojajar 2, Stadion Gunung Kembar Turen.

Kemudian juga ada di SDN 1 Dau, Pendopo Pusat Kerajinan Ken Dedes Singosari, Masjid Firdaus Curug Rejo Kepanjen, Lapangan Asrikaton Pakis, Balai Pelatihan Pertanian Bedali Lawang, Lapangan Wunutsari UMM Kampus III, Masjid Al Furqon Lawang, Lapangan Lawang, Masjid Ulil Abshar Dau, Stadion Bululawang, Masjid Thoriqul Khair Perum Pondok Mutiara Bonagung Wagir, dan Halaman Balai Desa Poncokusumo.

Sementara di Kota Batu akana da 3 titik Salat Id. Ketiga ada di Rest Area Sudimulyo Batu, PP Al-Furqon Bumi Aji Batu, dan Lapangan Jatim Park Batu.

PDM Kota Malang mengatakan jika sudah melakukan koordinasi dengan masing-masing petugas mubaligh agar melaporkan kesiapannya masing-masing. Mulai dari melapor dia tugas di mana dan juga tempat-tempat lokasi Salat Ied.

"Tapi yang melapor ini belum tentu mubaligh saja, tapi panitia setempat juga melapor pada kami. Semua itu kami catat dan kami rekap, kemudian tuliskan dalam daftar yang kami kirimkan lewat Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) untuk disampaikan ke Polresta Malang Kota dan yang di kecamatan ke polsek-polsek," jelas Radix.

Baca Juga: 101 Titik Salat Idul Fitri Warga Muhammadiyah di Surabaya

2. Konsentrasi jamaah akan banyak di Stadion Gajayana dan Taman Krida Budaya Kota Malang

91 Titik Salat Id Muhammadiyah Malang 21 April 2023Ilustrasi salat berjamaah. (pexels,com/Chattrapal (Shitij) Singh)

Radix memprediksikan jika akam ada 2 lokasi yang akan dipadati oleh warga Muhammadiyah yang melaksanakan Salat Id. Kedua lokasi tersebut ada di Stadion Gajayana dan Taman Krida Budaya Kota Malang. Hal ini berkaca dari pelaksanaan Salat Id di tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau konsentrasi itu sebetulnya muncul dengan sendirinya, taoi biasanya ada di Stadion Gajayana dan Taman Krida Budaya. Yang besar di kedua tempat itu, kalau yang lainnya hanya di halaman masjid," bebernya.

Namun, ia tidak menutup kemungkinan di titik lain juga akan didatangi lebih banyak jamaah. Misalnya di Samsat Kebonsari Sukun juga banyak yang hadir biasanya. Pasalnya ada banyak warga Muhammadiyah di sana.

"Kalau saya kebetulan diminta untuk mengisi di Masjid Assalam Blimbing," ucapnya.

3. PDM Kota Malang berharap jamaah hadir 30 menit sebelum Salat Id dimulai di masing-masing wilayah

91 Titik Salat Id Muhammadiyah Malang 21 April 2023Ilustrasi lailatul qadar. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Radix berharap agar jamaah atau warga Muhammadiyah hadir 30 menit sebelum Salat Ied dimulai. Hal ini agar mereka tidak tergesa-gesa sehingga bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

"Kami berharap dari warga jamaah Muhammadiyah agar berangkat ke lapangan sekitar pukul 05.30 WIB. Karena insyaallah jam 06.00 WIB sudah dimulai. Sehingga tidak terburu-buru saat berangkat," tegasnya.

Kemudian ia menyarankan agar jamaah Muhammadiyah sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat. Kemudian berangkat bersama-sama dan hati-hati di lalu lintas karena sedang padat kendaraan karena pasti banyak pengendara yang berangkat mudik.

"Demikian juga rumah yang ditinggalkan harus ada yang menjaga atau minimal sudah dikunci. Kemudian untuk gas atau kompor agar segera diteliti sebelum berangkat," pungkasnya.

Baca Juga: Lokasi Salat Idul Fitri Muhammadiyah 21 April 2023 di Semarang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya