Jelang Tahun Baru, 80 Persen Kamar Hotel di Malang Sudah Dipesan

Tapi jangan takut kehabisan kamar hotel selama akhir tahun

Malang, IDN Times - Setiap menjelang tahun baru, wisatawan dari berbagai kota akan memadati Kota Malang. Sebagian besar dari mereka ingin menghabiskan liburan akhir tahun atau merayakan malam pergantian tahun baru di beberapa lokasi wisata di Malang Raya.

Begitupun dengan malam pergantian tahun 2023 yang menyisakan 3 hari lagi. Malang sudah diserbu wisatawan. Kondisi ini terjadi setelah pemerintah pusat memperbolehkan warga merayakan pesta pergantian tahun setelah pandemik COVID-19.

1. Sebanyak 80 persen kamar hotel di Malang sudah dipesan pengunjung

Jelang Tahun Baru, 80 Persen Kamar Hotel di Malang Sudah Dipesanilustrasi hotel (IDN Times/Anata)

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga memastikan jika wisatawan di Kota Malang pada malam pergantian tahun akan memadati Kita Malang. Mereka mencatat jika 80 persen kamar hotel di Kota Malang telah dipesan.

"Menjelang tahun baru 2023, sudah ada kamar hotel yang dibooking oleh pengunjung. Kalau dihitung presentasenya sekitar 70 hingga 80 persen," terang Ketua PHRI Kota Malang, Agoes Basoekisaat dikonfirmasi pada Rabu (28/12/2022).

2. Pengunjung berasal dari luar kota hingga luar pulau

Jelang Tahun Baru, 80 Persen Kamar Hotel di Malang Sudah DipesanIlustrasi dekorasi ruang hotel. (IDN Times/Sunariyah)

Menurut Agus, pada hari-hari normal, tingkat okupansi kamar hotel tidak akan setinggi ini. Dalam keadaan normal, hanya 60 persen kamar hotel di Kota Malang yang terisi. Para pengunjung, kata dia, menginap di Malang untuk menghabiskan libur tahun.

"Para pengunjung yang sudah booking rata-rata berasal dari Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat. Bahkan yang dari Bali juga ada," bebernya.

3. Banyak pengunjung sudah menginap sejak sebelum Natal

Jelang Tahun Baru, 80 Persen Kamar Hotel di Malang Sudah Dipesanilustrasi hotel (pexels.com/Mikhail Nilov)

Para pengunjung, kata Agus, sudah kamar memesan sejak sebelum Natal. Mereka biasanya akan memesan untuk lebih dari 2 hari. Salah satu yang menjadi alasan mereka mau mem-booking hotel jauh-jauh hari adalah penawaran promo dari pihak hotel. Selain harga diskon, penyedia layanan hotel juga menawarkan paket hiburan selama pergantian tahun.

"Tapi jangan khawatir kehabisan kamar hotel, karena rata-rata teman hotel masih menyisakan kamar pada hari H nanti. Sehingga saya pastikan tidak semua kamar yang disediakan itu full booking sebelum hari H," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Hotel di Prigen yang Gelar Acara Pergantian Tahun 2023

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya