3 TPS di Kota Malang Fix Pemungutan Suara Ulang

Ternyata ada intervensi saat ada penyusup di 3 TPS

Malang, IDN Times - Setelah 5 TPS di Kabupaten Malang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), kini giliran Kota Malang yang melakukan langkah serupa. Ini setelah ada 3 TPS di Kota Malang yang kedapatan ada penyusup saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Ketiga TPS tersebut adalah TPS 14 dan 37 di Kelurahan Mojolangu, serta TPS 48 di Kelurahan Jatimulyo. Ketiganya adalah TPS yang ada di Kecamatan Lowokwaru.

1. KPU Kota Malang mendeteksi ada 84 orang penyusup di 3 TPS tersebut

3 TPS di Kota Malang Fix Pemungutan Suara UlangKetua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Aminah Aminingtyas. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas mengatakan terdapat 84 orang yang tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencoblos di 3 TPS tersebut, mereka juga tidai terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Walhasil, sebanyak 760 DPT yang terdaftar di 3 TPS tersebut harus mengulang pencoblosan mereka.

Ia menjelaskan jika pemungutan suara ulang ini sudah mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu Kota Malang. Karena suara yang ada di kotak suara ketiga TPS ini sudah tidak murni lagi.

"Jadi semuanya mengulang untuk surat suara calon presiden dan wakilnya. Ini disebabkan data yang tidak cocok di situ," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (23/2/2024) malam.

Baca Juga: Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Malang Sepi

2. Ketua KPU menyebut jika penyusup ini memaksa petugas KPPS untuk mencoblos meskipun tidak terdaftar

3 TPS di Kota Malang Fix Pemungutan Suara UlangIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Aminah menceritakan jika penyebabnya jika petugas di 3 TPS ini tidak bisa menolak para penyusup ini saat mereka memaksa untuk mencoblos meskipun mereka tidak terdaftar sebagai DPT. Para penyusup ini menurutnya terkoordinir dan menekan petugas agar diperbolehkan mencoblos.

"Memang ini disebabkan kelemahan dari PPS tidak mampu menolak. Mereka juga takut menghilangkan surat suara, sehingga ada anomali di situ," bebernya.

Perempuan berkerudung ini juga menyampaikan jika pemungutan suara akan dilaksanakan pada esok (24/2)2024) pagi hingga siang. Ia juga mengatakan jika logistik untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang sudah disiapkan.

3. Pihak kepolisian siap menjaga 3 TPS yang melaksanakan PSU

3 TPS di Kota Malang Fix Pemungutan Suara UlangKapolresta Malang Kota, Kombespol Budi Hermanto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kapolresta Malang Kota, Kombespol Budi Hermanto mengatakan jika ia sudah mendapatkan permintaan pengamanan untuk 3 TPS yang akan melakukan pemungutan suara ulang di Kota Malang. Pihaknya juga siap melakukan pengamanan agar tidak ada intervensi dari pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Buher mengatakan jika pola pengamanan akan tetap saka seperti saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Tapi jumlah personilnya ditambah tiap TPS, rencananya akan ada 30 personel ditambah dari unsur TNI.

"Ketua KPU sudah menyampaikan akan ada 3 TPS yang melaksanakan PSU. Jadi pola pengamannya akan sama seperti kemarin, tapi kita tambah siagakan di polsek juga," pungkasnya.

Baca Juga: 5 TPS di Kabupaten Malang Harus Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya