Dua Kuli Bangunan di Malang Tewas Tersengat Listrik saat Bekerja

Dari 3 korban, hanya 1 yang masih bertahan

Malang, IDN Times - Nasib nahas dialami oleh Fausi (32), warga Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember dan Andri (37) Desa Slawu, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Keduanya tewas saat tengah bekerja sebagai kuli bangunan di Rumah Kos Jalan Terusan Bendungan Wonogiri Nomor 15A RT.4/RW.7, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada Kamis (7/3/2024).

1. Korban tersengat saat menyalakan mesin dinamo

Dua Kuli Bangunan di Malang Tewas Tersengat Listrik saat BekerjaUpaya pertolongan pada kuli bangunan yang tersengat listrik di Malang. (Dok. Humas Polresta Malang Kota)

Kasihumas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdianto menceritakan jika kejadian ini terjadi pada Kamis pukul 13.30 WIB. Saat itu Fausi, Andir, dan Irwanto (27) warga Desa Kemeri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember bekerja sebagai kuli bangunan seperti biasa di sebuah Rumah Kos Jalan Terusan Bendungan Wonogiri Nomor 15A.

"Seperti biasa untuk mempermudah proses menaikan material dari lantai dasar ke Lantai 3, mereka menggunakan crane yang digerakkan oleh dinamo menggunakan aliran listrik. Setelah para pekerja beristirahat katena situasi hujan, selanjutnya Fausi mulai bekerja dengan menancapkan stop kontak agar mesin dinamo dapat dioperasikan kembali," terangnya.

Tapi saat Fausi menancapkan stop kontak tiba-tiba, ia tersengat aliran listrik dan menempel di scaffolding. Irwanto mengetahui Fausi dalam keadaan tersengat aliran listrik langsung memegang tubuhnya dan ikut tersengat aliran listrik kemudian terjatuh dari lantai 3 ke lantai dasar.

"Sementara Andri yang saat itu bekerja di lantai 2 melihat ada rekannya di lantai 3 tersengat aliran listrik tanpa sengaja memegang seling baja yang terkait pada dinamo dengan aliran listrik. Sehingga menyebabkan korban juga tersengat aliran listrik," bebernya.

2. Ketiga korban dilarikan ke RSUD Saiful Anwar Kota Malang

Dua Kuli Bangunan di Malang Tewas Tersengat Listrik saat BekerjaUpaya pertolongan pada kuli bangunan yang tersengat listrik di Malang. (Dok. Humas Polresta Malang Kota)

Setelah mengetahui rekan kerjanya tersengat aliran listrik, seorang saksi bernama Mohammad Yasin memutus aliran listrik yg tersambung ke stop kontak dinamo. Baru kemudian aliran listrik di sekitar lokasi bangunan mati total.

"Selanjutnya semua pekerja bangunan bersama warga menolong para korban dan meminta bantuan medis dari RJT (Readily Just Target). Selanjutnya para korban dibawa ke RSUD Saiful Anwar guna mendapatkan perawatan medis," ucap Yudi.

3. Polisi mengatakan jika dari 3 korban, hanya 1 yang masih hidup

Dua Kuli Bangunan di Malang Tewas Tersengat Listrik saat BekerjaUpaya pertolongan pada kuli bangunan yang tersengat listrik di Malang. (Dok. Humas Polresta Malang Kota)

Yudi melanjutkan, jika Fausi dan Andri meninggal dunia ketika dalam penanganan IGD RSUD Saiful Anwar Kota Malang. Sementara korban Irwanto sedang dalam penanganan Intensif di IGD RSUD Saiful Anwar.

"Sementara petugas dari Polresta Malang Kota melakukan pengamanan dan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Mereka kemudian melakukan pengecekan korban ke rumah sakit," pungkasnya.

Baca Juga: Kembali, Petani Ngawi Ditemukan Tewas Tersengat Listrik Jebakan Tikus

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya