Perlu Rehab Total, Renovasi Stadion Gajayana Diprediksi Telan Rp200 M

Awalnya Pemkot Malang ingin Stadion Gajayana dirobohkan

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ternyata tidak ingin setengah-setengah dalam melakukan renovasi Stadion Gajayana. Mereka ingin stadion berkapasitas 28 ribu penonton ini direnovasi total agar sesuai dengan standar FIFA. Sama seperti renovasi Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang yang akan segera dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI)

Oleh karena itu, Pemkot Malang telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemenpora) RI terkait rencana ini. Diprediksikan rencana ini akan menelan ratusan miliar demi mewujudkan Stadion Gajayana berstandar internasional.

1. Awalnya Pemkot Malang ingin mengubah Stadion Gajayana untuk dilakukan pembangunan ulang

Perlu Rehab Total, Renovasi Stadion Gajayana Diprediksi Telan Rp200 MPemain Arema FC saat sesi latihan di Stadion Gajayana. (Dok Media Officer Arema FC)

Pemkot Malang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang mengungkapkan jika rencana awal mereka adalah merubuhkan Stadion Gajayana. Kemudian stadion tersebut dibangun ulang dengan menggunakan desain yang baru. Namun, Kemenpora tidak menyetujui rencana tersebut karena hanya akan boros APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

"Kami sudah menerima juknis (petunjuk teknis) terbaru dari Kemenpora. Saat ini kami tengah mempersiapkan pemenuhan dokumen administrasi sebagai syarat untuk pengajuan (rehab Stadion Gajayana)," terang Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi saat dikonfirmasi pada Kamis (03/08/2023).

Awalnya, jika rencana merobohkan Stadion Gajayana terealisasi, diperlukan biaya Rp500 miliar sampai bangunan didirikan kembali. Tapi rencana tersebut tidak disetujui, sehingga hanya akan dilakukan rehab besar pada Stadion Gajayana.

Baca Juga: Renovasi Stadion Gajayana akan Dijalankan Pemerintah Pusat

2. Renovasi besar-besaran Stadion Gajayana akan menelan Rp200 miliar dari APBN

Perlu Rehab Total, Renovasi Stadion Gajayana Diprediksi Telan Rp200 MSuasana Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar. (Instagram.com/baliunitedfc)

Baihaqi menyampaikan jika rencana renovasi besar Stadion Gajayana akan menelan Rp200 miliar dari APBN. Perbaikan akan dimulai dengan memperbaiki lintasan lari, kursi penonton single seat, penambahan tribun, pengecatan, perbaikan toilet, pintu masuk, ruang ganti, sampai penambahan daya penerangan. Semua ini akan diperbaiki sampai memenuhi standar FIFA.

Ia juga menyampaikan kalau untuk desain terbaru, mereka akan menjadi Stadion I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, sebagai referensi. Pasalnya stadion tersebut sudah berstandar FIFA, dan kini juga tengah digunakan oleh Arema FC sebagai homebase sementara.

"Referensinya Stadion I Wayan Dipta dengan renovasi standar internasional, sehingga butuh biaya Rp152 miliar hingga 200 miliar. Pasalnya targetnya adalah standar internasional, sehingga perlu rehab besar," tegasnya.

3. Pemkot Malang tunggu keputusan Kementerian PUPR terkait kapan Stadion Gajayana mulai direnovasi

Perlu Rehab Total, Renovasi Stadion Gajayana Diprediksi Telan Rp200 MMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, di Kantor Pusat Kementerian PUPR pada Senin (13/12/2021). (Dok. Kementerian PUPR)

Ketika disinggung kapan rencana renovasi ini akan dimulai, Baihaqi mengatakan belum bisa memberi konfirmasi. Pasalnya saat ini pihaknya masih menyusun proposal untuk dikirimkan kepada pemerintah pusat, setelah itu akan ada tim dari Kementerian PUPR yang datang untuk meninjau Stadion Gajayana. Ia meyakini jika prosesnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Kami tidak bisa memberi target, tapi yang pasti kami terus mengupayakan. Setelah mengirimkan proposal, selanjutnya menunggu tim PUPR untuk melakukan peninjauan, pasalnya anggaran untuk fisik ada di PUPR," pungkasnya.

Baca Juga: Rencana Parkir Vertikal Gajayana akan Digelontor Rp6,4 Miliar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya