Kesulitan Cari Siswa, SD di Kota Malang Hanya Mendapatkan 1 Murid

Ratusan SD Negeri di Kota Malang sulit cari siswa

Malang, IDN Times - Ratusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Malang dilaporkan kesulitan mendapatkan siswa. Salah satunya adalah SDN Jatimulyo 4 di Jalan Simbar Menjangan, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Mereka mengakui sulit mendapatkan murid baru pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024-2025 ini. Bahkan, baru ada 1 siswa yang mendaftar tahun ini, padahal biasanya mereka tidak sulit mendapatkan siswa baru.

1. SDN Jatimulyo 4 hanya mendapatkan 1 siswa baru tahun ini

Kesulitan Cari Siswa, SD di Kota Malang Hanya Mendapatkan 1 MuridSDN Jatimulyo 4 Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Plt Kepala SD Negeri Jatimulyo 4, Nur Faidah membenarkan jika tahun ini mereka kesulitan mendapatkan siswa baru. Bahkan baru 1 siswa saja yang mendaftar sebagai peserta didik baru. 

"Sebenarnya pagu di sekolah kami ada 28 dan saat ini yang mendaftar baru 1 saja. Tahun-tahun sebelumnya memang tidak banyak, tapi tahun ini paling sedikit," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (12/7/2024).

Akibat kondisi ini, pihak sekolah akhirnya memperpanjang masa PPDB secara offline. Sehingga lebih banyak orang tua yang mendaftar anaknya ke SDN Jatimulyo 4. Tapi jika memang tidak ada pendaftar baru, 1 siswa tersebut Alan dipindahkan ke sekolah lain.

"Kemungkinan terburuknya 1 siswa itu kami pindah dan angkatan tahun ini kosong. Tapi kepastiannya masih mau saya obrolkan dengan Disdikbud Kota Malang," ujarnya.

Baca Juga: Tegas! Ombudsman Jatim Larang Sekolah Jual Seragam ke Siswa

2. Total siswa di SDN Jatimulyo 4 memang hanya 13 siswa

Kesulitan Cari Siswa, SD di Kota Malang Hanya Mendapatkan 1 Muridilustrasi sekelompok siswi (pexels.com/ronlach)

Ia mengakui memang tiap angkatan tidak banyak siswa yang mendaftar. Ia mengatakan jika total siswa di SDN Jatimulyo 4 saat ini hanya ada 34 siswa saja. Mereka diantaranya 5 murid di kelas 5, sebabnya 9 murid di kelas 4, sebanyak 5 murid di kelas 3, dan 8 murid di kelas 2.

"Di sekitar sini dekat SDN Jatimulyo 1 dan 5, lalu saya lihat banyak yang ke SDN Jatimulyo 5. Terus lokasi sekolah dekat kampus, memang di situ area kampus ya itu mungkin berpengaruh," ujarnya.

3. Disdikbud Kota Malang sebut ada 101 SD Negeri di Kota Malang kesulitan cari murid

Kesulitan Cari Siswa, SD di Kota Malang Hanya Mendapatkan 1 Muridilustrasi para siswa bermain laptop (pexels.com/panditwiguna)

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Dodik Teguh Pribadi mengakui beberapa SDN di Kota Malang kesulitan mencari murid. Ia mencatatkan sebanyak 101 sekolah, jumlah ini lebih dari setengah total SD Negeri di Kota Malang yang mencapai 195 sekolah.

"Saat ini kita tunggu sampai tanggal 15 Juli (2024) saat masuk tahun ajaran baru nanti. Kita lihat pagunya mulai berkurang atau seperti apa, karena saat PPDB offline nanti anak-anak dari luar Kota Malang bisa mendaftar," ujarnya.

Dodik mengatakanjika banyak pagu tak terisi karena tidak banyak anak yang masuk zonasi sekolah. Kemudian lokasi SDN yang berdekatan antara satu dengan yang lain dalam satu wilayah juga menjadi faktor.

"Setelah KB (Keluarga Berencana) berhasil sehingga orang tidak punya banyak anak. Kemudian ada banyak sekolah yang berdekatan, sehingga mereka mencari sekolah yang menurut mereka baik," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Selidiki Kasus Siswa SMK yang Tewas Misterius di Malang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya