Halaman Alfamart Kota Malang Ambles, Mobil Nyaris Terperosok 

Diduga karena intensitas hujan yang tinggi

Malang, IDN Times - Warga digegerkan dengan amblesnya tanah yang membentuk lubang menganga di depan Alfamart Jalan Letjen Soetoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada Selasa (2/4/2024). Amblesnya tanah ini pertama kali terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

Lubang dengan luas sekitar 3 meter persegi ini hampir membuat sebuah mobil terperosok. Warga kemudian mengerubungi lubang ini karena tiba-tiba muncul secara misterius.

1. Amblesnya tanah di halaman Alfamart Malang hampir membuat mobil terperosok

Halaman Alfamart Kota Malang Ambles, Mobil Nyaris Terperosok Kemunculan lubang misterius di depan Alfamart Kota Malang. (IDN Times/istimewa)

Karyawan Alfamart bernama Ari menceritakan jika lubang tersebut muncul ketika di atasnya terparkir sebuah mobil Toyota Innova. Salah satu ban mobil sudah berada di atas lubang tersebut, untungnya mobil tersebut belum sampai terperosok ke dalam.

"Saat saya menjaga kasir, tiba-tiba terdengar suara bress gitu. Mobilnya baru masuk setengah, untungnya tidak sampai terperosok," terangnya.

Setelah dicek, ternyata di bawah lubang tersebut terdapat aliran air. Mobil kemudian dievakuasi dan dipasang pagar sementara di sekitar lubang tersebut.

Baca Juga: Pelaku Perampokan Sadis di Malang Ditangkap, Diduga Tetangga Sendiri

2. Pegawai Alfamart mengatakan jika penumpang mobil selamat

Halaman Alfamart Kota Malang Ambles, Mobil Nyaris Terperosok Kemunculan lubang misterius di depan Alfamart Kota Malang. (IDN Times/istimewa)

Ari mengungkapkan jika penumpang di dalam mobil tersebut ada 7 orang. Tapi untungnya seluruh penumpang mobil tersebut tidak ada di dalam mobil saat kejadian. Mereka tengah beristirahat di halaman Alfamart.

"Setelah kejadian, mobil tersebut dievakuasi dengan derek. Yang menghubungi sopirnya sendiri," jelasnya.

Sementara pihak Alfamart sendiri menghubungi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. Mereka akan memeriksa penyebab kejadian ini dan penanganannya seperti apa.

3. BPBD Kota Malang menduga lubang ini disebabkan naiknya debit air

Halaman Alfamart Kota Malang Ambles, Mobil Nyaris Terperosok Kemunculan lubang misterius di depan Alfamart Kota Malang. (IDN Times/istimewa)

Relawan BPBD Kecamatan Lowokwaru, Arifin menduga jika lubang ini disebabkan tingginya intensitas hujan di Kota Malang. Kondisi ini membuat debit air meningkat dan menggerus pondasi tanah. Apalagi 2 hari terakhir intensitas hujan di Kota Malang sangat tinggi hingga membuat air meluber ke jalan.

"Dua hari terakhir memang debit air terlalu besar sampai meluber ke jalan. Kondisi ini kami duga akhirnya mengikis pondasi yang ada di bawah," pungkasnya.

Baca Juga: Pamit untuk Buang Sesajen, Warga Malang Justru Ditemukan Tewas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya