Gempa dengan Kekuatan Magnitude 5,2 Guncang Malang Selatan

Gempa dirasakan hingga Surabaya dan Jember

Malang, IDN Times - Gempa kembali dirasakan oleh warga Kabupaten Malang dan sekitarnya. Gempa dirasakan oleh warga pada Sabtu (2/12/2023) pukul 12.37 WIB selama beberapa detik. Meskipun tidak dirasakan cukup kencang, gempa ini cukup membuat warga berhamburan keluar rumah. Beberapa wilayah lain juga dilaporkan mendapat dampak guncangan yang sama.

1. Kepala BMKG Karangkates mengkonfirmasi kekuatan gempa mencapai magnitude 5,2

Gempa dengan Kekuatan Magnitude 5,2 Guncang Malang SelatanLaporan gempa oleh BMKG. (Dok. BMKG Karangkates)

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Mamuri mengkonfirmasi gempa yang dirasakan warga memang berada di wilayah Kabupaten Malang. Gempa ini berpusat di tengah laut yang terletak 138 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Malang. "Gempa ini berkekuatan magnitude 5,2 dan berpusat di tengah laut. Kedalaman pusat gempa sekitar 10 kilometer," terangnya.

Meskipun tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat, ia berharap warga tetap waspada. Pasalnya potensi gempa susulan masih ada.

2. BMKG Karangkates belum mendapatkan laporan kerusakan

Gempa dengan Kekuatan Magnitude 5,2 Guncang Malang SelatanIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Mamuri menjelaskan jika wilayah yang terdampak gempa ini hanya di Malang saja. Tapi belum ada laporan kerusakan material di wilayah Malang Raya. Namun, pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

"Kalau laporan kerusakan belum ada sejauh ini. Tapi tetap harus waspada karena potensi gempa susulan masih ada," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun jurnalis IDN Times, gempa juga sempat dirasakan oleh warga Surabaya dan Jember. Oleh karena itu, diharapkan warga segera melapor jika rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa.

3. Gempa dirasakan para pedagang makanan di Kecamatan Turen

Gempa dengan Kekuatan Magnitude 5,2 Guncang Malang SelatanKondisi Desa Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang usai gempa yang terjadi pada Sabtu (2/12/2023) siang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Gempa yang terjadi di Kabupaten Malang ternyata juga dirasakan oleh sejumlah pedagang makanan di wilayah Desa Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Mereka mengaku awalnya bersantai-santai, tapi tiba-tiba ada goyangan yang membuat mereka berlarian keluar lapak.

"Tadi itu sebenarnya tidak kencang, tapi membuat kaget. Soalnya dagangan pas lagi sepi terus agak ngantuk juga, tiba-tiba ada yang goyang-goyang makanya langsung lari ke pinggir jalan," ungkap Sri Mulyati (45) seorang pedagang ayam geprek di sekitar PT Pindad Turen.

Mulyati mengatakan tidak ada kerusakan apapun pada lapaknya, hanya saja ia masih terkejut dengan gempa yang terjadi secara mendadak. Meskipun akhir-akhir ini Kabupaten Malang sering terjadi gempa, ia bersyukur kali ini tidak ada korban atau kerusakan.

Baca Juga: Gempa Magnitude 4,7 Guncang Kabupaten Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya