Dugaan Penipuan, Penyelenggara Mafest Malang Akhirnya Buka Suara

Proses refund dibuka kembali

Malang, IDN Times - Masyarakat kembali digegerkan dengan dugaan penipuan konser Mafest Volume 3 yang seharusnya dilaksanakan pada 8 April 2024 di Lapangan Rampal, Kota Malang. Masalah ini kian pelik ketika pihak penyelenggara riba-tiba menghilang saat ditagih refund atau pengembalian uang tiket.

Ratusan orang kemudian menyerang akun Instagram @ma_fest.id yang ternyata masih aktif membagikan rencana konser di Surabaya. Warganet geram karena penyelenggara acara dituding ingin lepas tanggung jawab.

1. Mafest Malang akui rencana konser batal diselenggarakan

Dugaan Penipuan, Penyelenggara Mafest Malang Akhirnya Buka SuaraMafest Volume 2 di Graha Cakrawala UM pada 2023. (Instagram/@ma_fest.id)

Project Manager Mafest, Ozi mengakui jika rencana konser pada 8 April 2024 gagal dilaksanakan. Kemudian rencana konser dilaksanakan kembali pada 17 April 2024 juga dipastikan batal. Artinya Mafest Volume 3 di Kota Malang tidak jadi diselenggarakan.

Namun, ia tidak mau mengungkap alasan acara musik yang sudah 2 kali terselenggara di Kota Malang ini batal, menurutnya ada masalah internal. Tapi kini mereka fokus pada proses refund tiket para penonton.

"Untuk Mafest tanggal 17 terpaksa dibatalkan. Terkait refund sampai saat ini tim Mafest masih tetap me-refund dana pembeli tiket," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (18/4/2024).

2. Mereka menyebut ada kendala dalam proses refund

Dugaan Penipuan, Penyelenggara Mafest Malang Akhirnya Buka SuaraMafest Volume 2 di Graha Cakrawala UM pada 2023. (Instagram/@ma_fest.id)

Ozi mengakui jika proses refund uang pengembalian tiket Mafest Malang mengalami kendala dalam sosialisasi. Mereka seharusnya melakukan sosialisasi melalui akun Instagram @ma_fest.id, tapi ia beralasan akun tersebut sempat di-hack.

"Jadi tim lapangan ada kendala untuk sosialisasi proses refund, karena ternyata akun IG kita diretas. Sementara bagi pembeli tiket yang belum menerima refund dan sudah mengajukan refund, ternyata kendala di pengisian nomor rekening seperti digit kurang atau salah," jelasnya.

Ia mengakui belum semua pembeli tiket Mafest Malang mendapatkan refund. Ia menjanjikan proses refund akan berjalan lagi.

3. Mafest Malang akan sebarkan formulir refund untuk pembeli tiket mereka

Dugaan Penipuan, Penyelenggara Mafest Malang Akhirnya Buka SuaraMafest Volume 2 di Graha Cakrawala UM pada 2023. (Instagram/@ma_fest.id)

Terakhir, Ozi menyampaikan jika pihaknya telah menyebar formulir refund kepada para pembeli tiket Mafest Malang. Formulir ini wajib diisi mulai dari data diri sampai tanggal pemesanan tiket sehingga uang bisa dikembalikan.

"Saya update jika saat ini masih berjalan proses refund. Sementara yang belum mengajukan refund sudah dikirimkan email berupa link pengajuan refund," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Dugaan Penipuan Konser Mafest di Kota Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya