Dramatisnya Penyelamatan Mahasiswa UB yang Diduga Ingin Bunuh Diri

Korban masih sadar usai jatuh dari atas jembatan

Malang, IDN Times - Warga dan pengendara yang ada di Jembatan Suhat Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang digegerkan dengan sesosok pria yang jatuh pada Sabtu (13/7/2024) pagi. Pria yang diduga hendak bunuh diri ini adalah AHM (19) yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) jurusan Administrasi Bisnis.

Untungnya AHM tidak sampai meregang nyawa usai jatuh dari Jembatan Suhat. Tapi ia mengalami cedera parah pada tulang lehernya.

1. AHM masih bisa diajak berkomunikasi saat usai jatuh dari atas jembatan

Dramatisnya Penyelamatan Mahasiswa UB yang Diduga Ingin Bunuh DiriEvakuasi mahasiswa UB yang diduga mencoba bunuh diri di Jembatan Suhat. (IDN Times/istimewa)

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB ini disaksikan langsung oleh Hariyadi, ia mengatakan jika AHM jatuh di pinggir sungai atau sekitar 2 meter dari bibir Sungai Brantas atau di belakang pabrik es. Saat didatangi oleh sejumlah orang, korban dalam kondisi masih sadar, ia bahkan sempat menjawab beberapa pertanyaan petugas dari Kepolisian, Damkar, dan PMI.

"Saat jatuh di bawah itu sadar posisinya, matanya juga masih terbuka. Saya lihat tadi diajak komunikasi sama tim relawan yang turun sekitar jam setengah 9 pagi," terangnya.

Saat itulah, petugas mendapatkan informasi jika korban adalah Mahasiswa UB berinisial AHM. Namun, ia tidak bisa bergerak karena tulang lehernya patah. Sehingga butuh tandu untuk dievakuasi ke atas sungai.

2. Proses evakuasi berjalan dramatis karena tidak bisa menggunakan tali seling untuk mengangkat tubuh AHM

Dramatisnya Penyelamatan Mahasiswa UB yang Diduga Ingin Bunuh DiriEvakuasi mahasiswa UB yang diduga mencoba bunuh diri di Jembatan Suhat. (IDN Times/istimewa)

Kepala Bagian (Kabag) Operasional Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Anang Yuwono mengatakan jika proses evakuasi berjalan dramatis. Pasalnya proses evakuasi tidak bisa menggunakan tali seling karena terdapat banyak kabel di sekitar Jembatan Suhat.

Proses evakuasi akhirnya menggunakan cara manual yaitu mengangkat tubuh AHM dengan tandu melintasi bibir sungai. Jalannya evakuasi berjalan dramatis dan lama, pasalnya mereka harus melintasi tengah sungai yang licin sambil memastikan kondisi AHM masih stabil.

"Evakuasi harus dengan cara diangkat bersama-sama dari tepi sungai melewati dekat makam. Prosesnya cukup lama, dari jam 9 barus selesai jam setengah 11an," bebernya.

3. Polisi mendapatkan info jika AHM adalah perantau dari Jawa Barat

Dramatisnya Penyelamatan Mahasiswa UB yang Diduga Ingin Bunuh DiriEvakuasi mahasiswa UB yang diduga mencoba bunuh diri di Jembatan Suhat. (IDN Times/istimewa)

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Anton Widodo mengatakan jika AHM langsung dilarikan ke RSUD Saiful Anwar Kota Malang usai berhasil dievakuasi. Berdasarkan keterangan sementara AHM, diketahui jika ia merupakan mahasiswa perantau asal Bekasi, Jawa Barat.

"Kita masih dalam penyebab korban jatuh apakah percobaan bunuh diri atau yang lain, soalnya korban masih dirawat dan belum bisa ditanya lebih lengkap. Selain itu, kami juga berusaha menghubungi keluarganya," pungkasnya.

 

--------

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 


Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.


Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.


Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:


RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444


NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diri telp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

 

 

Baca Juga: Mahasiswa UB Diduga Mencoba Bunuh Diri di Jembatan Suhat Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya