40 Hari Misteri Kematian Mahasiswi UM Belum Terungkap

Diduga jadi korban pembunuhan

Malang, IDN Times - Sudah 40 hari Dyah Agustin Lestariningsih (17) Mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) asal Ngawi ditemukan tewas pada Kamis (22/12/2022) di kamar kosnya Jalan Sumbersari Gang 5C, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Ia ditemukan oleh keluarganya dalam kondisi sudah terbujur kaku di dalam kamar kos.

Kematian Dyah tergolong mengenaskan, ditemukan luka tusuk di bagian dada sebelah kiri mendekati jantung. Dokter yang melakukan otopsi juga mengatakan kalau penyebab kematiannya adalah kehabisan darah.

"Menurut dokter korban meninggal karena kehabisan dara. Hasil otopsi juga menunjukkan ada luka tusuk di bagian dada sebelah kiri," terang Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga saat dikonfirmasi pada Minggu (05/02/2023).

1. Kronologi penemuan mayat

40 Hari Misteri Kematian Mahasiswi UM Belum TerungkapDyah Agustin Lestariningsih. (Twitter/@BEMUMOfficial)

Sebelumnya, Dyah sempat melakukan kontak dengan 2 orang kawan sekelasnya (M dan N) pada Minggu (18/12/2022) untuk mengikuti Car Free Day di Jalan Ijen, Kota Malang. Setelah itu, gadis asal Ngawi ini tidak langsung pulang, karena harus membuat video presentasi kelompok sebagai penanggung jawab salah satu mata kuliah. Di sinilah Dyah dan kedua kawannya terpisah.

Setelah itu, salah satu kawannya berinisial M sempat berkontak melalui ponsel pada Rabu (21/12/2022) pukul 22.00 WIB untuk menanyakan terkait pengumpulan tugas kuliah. Setelah itu kawan-kawan Dyah tidak pernah lagi bertemu dirinya.

Sementara kekasih Dyah berinisial L mengatakan kalau sempat bertemu pacarnya tersebut pada Rabu (21/12/2022). Keduanya janjian bertemu untuk membeli makanan dan pulsa sebagai bekal Dyah akan pulang kampung keesokan harinya. Keduanya lalu berpisah sekitar pukul 22.48 WIB.

Pada Kamis (22/12/2022) pagi, Dyah sudah tidak bisa dihubungi siapapun, padahal ia sudah berjanji pada kakaknya akan bertemu di stasiun untuk pulang ke Ngawi. Kakak korban tidak kunjung bisa menghubungi hingga akhirnya pihak keluarga menemukan mayat Dyah pada pukul 15.00 WIB di kamar kosnya.

Baca Juga: 40 Hari Buron, Pelaku Pembunuhan di Malang Akhiri Hidup

2. Polisi tidak yakin kasus bunuh diri

40 Hari Misteri Kematian Mahasiswi UM Belum TerungkapIlustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Bayu mengatakan kalau kecil kemungkinannya kalau Dyah meninggal akibat bunuh diri. Pasalnya tidak ditemukan senjata tajam yang digunakan untuk menusuk korban.

"Kalau bunuh diri pasti ditemukan senjata tajam di dekat korban. Tapi ini tidak ada, jadi kecil kemungkinan bunuh diri," jelasnya.

Sampai detik ini, senjata tajam tersebut belum ditemukan. Bahkan saat dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) juga tidak ditemukan.

3. Telah memeriksa 9 saksi

40 Hari Misteri Kematian Mahasiswi UM Belum TerungkapIlustrasi korban tewas. (IDN Times/ Mardya Shakti)

Polisi telah memeriksa 9 saksi untuk dimintai keterangan. Kesembilan saksi ini diantaranya mulai dari ibu kos, teman kos, sampai pacar korban. Tapi titik terang kasus ini juga belum juga terlihat.

Salah satu kerabat korban yang tidak ingin disebut namanya juga tidak yakin jika kasus ini adalah kasus perampokan. Pasalnya korban bukan termasuk mahasiswi yang kaya. Pasalnya untuk berkuliah di Fakultas MIPA, korban mendapat beasiswa bidikmisi.

"Korban juga tidak tidak punya musuh setahu saya. Di kelas kata teman-temannya juga tergolong aktif dan memiliki hubungan baik dengan teman sekelasnya," pungkasnya.

Baca Juga: Kapolresta Malang Bantah Tuduhan Salah Tangkap Pedemo Kantor Arema FC

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya