Warga di Madiun Terancam Rayakan Idul Fitri di Tengah Banjir

Banjir terjang dua Kecamatan di Kabupaten Madiun

Madiun, IDN Times - Banjir melanda sejumlah desa di dua kecamatan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tepat sehari jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa (9/4/2024). Hujan deras yang mengguyur sejak Senin (8/4/2024) malam menyebabkan air meluap dan menggenangi pemukiman warga.

1. Banjir rendam 2 kecamatan

Warga di Madiun Terancam Rayakan Idul Fitri di Tengah BanjirBanjir terjang 2 Kecamatan di Kabupaten Madiun. IDN Times/ BPBD Kab. Madiun

Kecamatan Saradan dan Pilangkenceng menjadi wilayah terdampak paling parah. Di Desa Klumutan, Kecamatan Saradan, air setinggi 40 centimeter menggenangi pemukiman warga sejak dini hari tadi. Warga terpaksa mengungsi ke rumah saudara atau tempat yang lebih aman.

"Air meluap di Desa Klumutan dengan ketinggian 40 centimeter dan mengalir deras ke Sungai Klumutan," ungkap Boby Saktia Putra Lubis, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Madiun, Selasa (09/04/2024).

Sedikitnya 3 dusun di Desa Klumutan terdampak banjir, yaitu Dusun Sumberan, Dusun Bangle, dan Dusun Jomblangsambi. Jika air tidak segera surut dipastikan puluhan kepala keluarga harus merasakan Idul Fitri di tengah situasi yang tidak menyenangkan.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Pilangkenceng Madiun, 53 Rumah Rusak

2. Di Kecamatan Pilangkenceng banjir setinggi 80 centimeter

Warga di Madiun Terancam Rayakan Idul Fitri di Tengah BanjirBanjir terjang 2 Kecamatan di Kabupaten Madiun. IDN Times/ BPBD Kab. Madiun

Menurut Bobby, di Kecamatan Pilangkenceng, banjir juga mengenangi Desa Kedungrejo dengan ketinggian air mencapai 80 centimeter. 

"Warga di Dusun Tengklik 4 RT dan 2 RW juga terpaksa mengungsi karena air setinggi 70 hingga 80 centimeter menggenangi rumah warga," terangnya.

BPBD Kabupaten Madiun bersama unsur terkait terus melakukan assessment dan penanganan di lokasi kejadian. Saat ini, kondisi air di beberapa wilayah sudah mulai surut.

3. Warga minta pemerintah peduli

Warga di Madiun Terancam Rayakan Idul Fitri di Tengah BanjirBanjir terjang 2 Kecamatan di Kabupaten Madiun. IDN Times/ BPBD Kab. Madiun

Warga terdampak banjir terancam tidak bisa memasak untuk persiapan Idul Fitri besok. Warga hanya bisa pasrah tidak kembali turun hujan hari ini agar tidak terjadi banjir susulan.

"Kami minta pemerintah untuk meningkatkan upaya penanggulangan bencana, seperti normalisasi sungai dan pembangunan sistem drainase yang lebih baik," pinta Minto, salah satu warga terdampak di desa Kedungrejo kepada Pemkab Madiun.

Seperti diketahui daerah ini selalu menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Semoga ke depannya, ia dan warga lainya tidak lagi dihantui rasa was-was akan banjir.

Baca Juga: Kasus DBD di Kabupaten Madiun Naik Jelang Idul Fitri

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya