Truk Tangki BBM Terbakar di Tol Ngawi Dipicu dari Kampas Rem Panas

Tetapi akibat kampas rem panas percikkan api ke tangki BBM

Ngawi, IDN Times – Sebuah truk tangki BBM milik Pertamina terbakar di Jalan Tol Ngawi-Kertosono pada Selasa malam (25/6/2024). Satlantas Polres Ngawi mengungkapkan penyebab kebakaran dipicu dipicu oleh kampas rem yang terlalu panas yang menimbulkan percikan api.

1. Percikan apik kampas rem memicu kebakaran

Truk Tangki BBM Terbakar di Tol Ngawi Dipicu dari Kampas Rem PanasTruk tanki Pertamina bermuatan 16.000 liter BBM ludes terbakar di ruas tol Ngawi - Kertosono. IDN Times/ Istimewa.

Kasat Lantas Polres Ngawi, AKP M Sapari, menjelaskan bahwa api muncul dari kampas roda ban kiri belakang truk yang mengalami panas berlebih. "Timbul percikan api dengan cepat, lalu menyambar ke bagian bodi kendaraan sehingga terjadilah kebakaran," ujarnya.

Menurut keterangan sopir, Sugeng, dan rekannya, mereka sempat mencoba memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), namun usaha tersebut gagal karena api semakin membesar hingga menghanguskan seluruh bodi truk.

Baca Juga: [BREAKING] Truk Tangki Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

2. Upaya pemadaman gagal

Truk Tangki BBM Terbakar di Tol Ngawi Dipicu dari Kampas Rem PanasTruk tanki Pertamina bermuatan 16.000 liter BBM ludes terbakar di ruas tol Ngawi - Kertosono. IDN Times/ Istimewa.

AKP M Sapari menjelaskan bahwa sopir dan rekannya telah berusaha keras memadamkan api dengan tiga APAR. Bahkan, mereka melepas baju untuk mencoba memadamkan api. "Namun tidak berhasil karena titik api berada di dalam kolong mobil. Api pun semakin besar dan mereka terpaksa lari menyelamatkan diri," jelasnya.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.20 WIB oleh petugas pemadam kebakaran Ngawi. "Beruntung saat itu hujan sehingga proses pemadaman berlangsung lebih cepat," tambah Sapari.

3. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah

Truk Tangki BBM Terbakar di Tol Ngawi Dipicu dari Kampas Rem PanasApi yang membakar truk tanki Pertamina di tol Ngawi berhasil dipadamkan dengan cepat akibat turun hujan. IDN Times/ Riyanto.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Truk tersebut memuat 16 ribu liter BBM jenis Pertalite dan seluruhnya habis terbakar. 

Saat ini, jalur B di lokasi kebakaran sudah bisa dilalui kendaraan, meskipun para pengendara harus mengurangi kecepatan. Petugas terus melakukan pengaturan arus lalu lintas guna menghindari kepadatan di tol Ngawi-Kertosono.

Kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya perawatan kendaraan berat dan kesiapan menghadapi situasi darurat di jalan raya.

Baca Juga: Cerita Sopir Truk Tangki yang Terbakar di Tol Ngawi

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya