Truk Boks Muatan Rokok W1N Asal Malang Dibajak di Madiun

Sopir truk boks dibuang di Exit Toll Ciledug, Jawa Barat

Madiun, IDN Times - Sebuah truk boks dengan nomor polisi N 8023 EU yang membawa muatan rokok dibajak oleh komplotan 5 orang di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (24/02/2024) dini hari. Diketahui, truk tersebut milik CV Megah Sejahtera, pabrik rokok asal Jalan Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Truk dikemudikan oleh Bayu dan membawa rokok merk W1N berbagai jenis.

1. Kronologi pembajakan truk boks

Truk Boks Muatan Rokok W1N Asal Malang Dibajak di Madiun(Ilustrasi perampokan) IDN Times/Sukma Shakti

Kasatreskrim Polres Madiun AKP Magribi Agung Saputra mengatakan, truk awalnya berangkat dari pabrik pada Jumat (23/02/2024) sekitar pukul 19.30 WIB. Sekitar pukul 23.00 WIB, sopir merasa mengantuk dan berhenti di SPBU Kabupaten Nganjuk.

"Sopir kemudian berpesan kepada temannya dari perusahaan yang sama untuk membangunkannya sekitar pukul 01.00 WIB. Setelah bangun, sopir melanjutkan perjalanan menuju ke arah barat," kata Magribi.

Saat perjalanan sampai di Caruban sekitar pukul 02.00 WIB, tepatnya di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, mobil diberhentikan oleh sejumlah orang yang mengendarai Toyota Avanza warna silver dengan nopol yang menyerupai plat nomor aparat.

2. Pembajak mengaku sebagai aparat

Truk Boks Muatan Rokok W1N Asal Malang Dibajak di Madiun(Ilustrasi perampokan) IDN Times

Salah satu penumpang Avanza, lanjut Magribi turun dan menanyakan surat-surat kendaraan kepada sopir.

"Namun, sebelum sopir selesai menunjukkan dokumen, pelaku mengatakan bahwa truk boks tersebut berisi muatan ilegal," bebernya.

Sopir membantah tuduhan itu dan menyatakan bahwa muatan truk boks resmi. Namun, pelaku langsung menarik sopir ke dalam mobil dengan paksa.

"Dari pengakuan sopir, mata, mulut, dan tangannya dilakban dan dia dimasukkan ke dalam mobil. Kemudian, di jalan tol, korban didorong keluar dari mobil dan terjatuh di pinggir tol," terangnya.

3. Kasus ini tengah ditangani polisi

Truk Boks Muatan Rokok W1N Asal Malang Dibajak di MadiunTruk boks nopol N 8023 EU membawa muatan rokok senilai Rp 1 miliar dibajak di Madiun. IDN Times/ Istimewa

Sopir berusaha membuka lakban dan melihat sekitar. Ternyata, dia diturunkan di dekat Exit Toll Ciledug, Jawa Barat. Sopir kemudian meminta bantuan warga sekitar dan meminjam ponsel untuk memberitahukan peristiwa tersebut kepada pemilik kendaraan.

Kasus ini masih dalam penyelidikan Polres Madiun. AKP Magribi mengatakan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi dan mengumpulkan barang bukti.

"Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui identitas pelaku dan motif pembajakan ini," pungkasnya.

Kasus ini menjadi peringatan bagi para sopir truk untuk selalu waspada saat mengantarkan barang. Sopir diimbau untuk tidak berhenti di tempat sepi dan selalu melapor kepada perusahaan jika ada yang mencurigakan.

Baca Juga: Tiga Mantan Napiter di Lapas Madiun Ikrar Setia Kepada NKRI

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya