3 Titik Rawan Lakalantas di Magetan Dipasangi Rambu Suara

Jalur LGF, Jalur Pasar Sayur dan Jalur Maspati

Magetan, IDN Times - Satlantas Polres Magetan memetakan 3 titik lokasi rawan kecelakaan pada jalur mudik lebaran tahun 2024. Ketiga titik tersebut adalah, Jalur arah Cemoro Sewu tepatnya di atas LGF (Lawu Green Forest) kemudian jalur Maospati dan jalur Pasar Sayur ke utara. 

1. Berikut bunyi rambu bunyi tersebut

3 Titik Rawan Lakalantas di Magetan Dipasangi Rambu SuaraAKP Sony Suhartanto, Kasat Lantas Polres Magatan. IDN Time/ Riyanto

Untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan di daerah rawan kecelakaan, Satlantas Polres Magetan berinovasi dengan memasang rambu peringatan suara.

Rambu ini berbunyi, "Mohon perhatian, sesaat lagi anda akan melalui jalanan menurun tajam gunakan gigi satu untuk keamanan berkendara anda."

Menurut Kasatlantas Polres Magetan, AKP Sony Suhartanto, rambu peringatan suara ini merupakan inovasi hasil kerjasama Satlantas Polres Magetan, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magetan.

"Rambu peringatan suara dipasang untuk mengingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintas di jalur rawan kecelakaan," kata AKP Sony Suhartanto.

Baca Juga: Buron Tersangka TPPO Ferienjob Masih Nekat Melobi Unmer Madiun

2. Rambu bunyi tambahan untuk mengingatkan kembali pengguna jalan

3 Titik Rawan Lakalantas di Magetan Dipasangi Rambu SuaraJalan raya Magetan - Maospati yang dipasangi rambu bunyi. IDN Times/ Riyanto

Meskipun sudah ada beberapa papan informasi peringatan yang dipasang, lanjutnya, masih sering terjadi kecelakaan di daerah tersebut. 

"Oleh karena itu, kami memasang rambu peringatan suara tambahan ini agar pengendara lebih waspada," tegasnya.

Pemasangan rambu peringatan suara ini diharapkan dapat membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Magetan, khususnya pada saat mudik lebaran tahun 2024.

Pihaknya mengimbau, mengingat wilayah Sarangan dan Cemoro Sewu jalur tersebut merupakan jalur turun dan berbelok-belok baiknya kuasai dan pelajari jalur yang ada.

"Gunakan gigi satu saat melintas di jalanan menurun tajam. Kemudian patuhi rambu-rambu lalu lintas dalam batas kecepatan," pintanya.

3. Tips aman mudik ala polisi

3 Titik Rawan Lakalantas di Magetan Dipasangi Rambu SuaraPuluhan kendaraan alami rem blong tabrak hotel dan warung warga. IDN Times/ Riyanto

"Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, gunakan kecepatan yang aman dan wajar dan yang terpenting, istirahatlah di tempat yang aman dan nyaman," terangnya.

Siapkan perbekalan yang cukup, gunakan peta atau GPS untuk membantu navigasi. Pastikan nomor telepon darurat mudah dijangkau.

"Jika sudah menaati aturan di atas atau kami pastikan mudik lebaran tahun 2024 ini dapat berjalan aman dan lancar. Selamat mudik," pungkas AKP Sony Suhartanto.

Baca Juga: Polisi Magetan Ungkap Prostitusi dan Peredaran Sabu

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya