Tebing 10 Meter Longsor, Akses Jalan Jatim-Jateng Tertutup

Diawali dengan hujan lebat

Magetan, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi yang menguyur wilayah Gunung Lawu di Magetan Jawa Timur pada malam tadi Sabtu (20/04/2014) mengakibatkan tebing setinggi 10 meter di jalan tembus Sarangan longsor. Material longsoran berupa batu besar dan tanah menutup lebih dari separuh badan jalan, akibatnya akses lalu lintas antara Jawa Timur menuju Jawa Tengah maupun sebaliknya terganggu.

1. Kronologi tebing 10 meter longsor ganggu arus lalin Jatim - Jateng

Tebing 10 Meter Longsor, Akses Jalan Jatim-Jateng TertutupTebing setinggi 10 meter lebar 8 meter di jalan Tembus Sarangan Magetan - Karanganyar Jawa Tengah longsor tutup 75 persen badan jalan. IDN Times/ Riyanto

Diceritakan Lurah Sarangan, Sudiharto, hujan lebat pada Jumat malam terjadi kurang lebih selama 4 jam. Akibatnya, tebing tegak setinggi 10 meter dan lebar 8 meter di atas Omah Djwo longsor. 

"Matrial longsor beruap batu dan tanah menutup 75 persenan akses jalan wisata ke- telaga Sarangan - dengan Tawangmangu Jawa Tengah ya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, longsor terjadi pada subuh. Jalan masih sepi," terang Sudiharto. 

Menurut Sudiharto, longsor disebabkan oleh hujan lebat sehingga tanah menjadi lembek tidak kuat menahan curah hujan. "Tebing terlalu tengak dan tidak ada pohon penguat. Selain itu sebelumnya juga dilaporkan terdapat retakan tanah di atas tebing sehingga pada saat turun hujan air masuk akhirnya terjadi longsor," katanya.

2. Arus lalu lintas Jatim-Jateng terganggu

Tebing 10 Meter Longsor, Akses Jalan Jatim-Jateng TertutupTebing setinggi 10 meter lebar 8 meter di jalan Tembus Sarangan Magetan - Karanganyar Jawa Tengah longsor tutup 75 persen badan jalan. IDN Times/ Riyanto

Saat ini, aparat gabungan, dari kepolisian, TNI, DPUPR Jatim dan BPBD Magetan turun ke lokasi kejadian. Untuk mengurai kemacetan, kepolisan dari Satlantas Polres Magatan memberlakukan sistem buka tutup bagi kendaraan yang hendak lewat.

Agar segera bisa dilalui, Dinas PUPR setempat menurunkan alat berat untuk mengevakuasi material longsoran dibantu petugas dari BPBD. 

Hingga siang ini arus lalulintas menuju lokasi wisata Sarangan maupun arus lalulintas dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah atau sebaliknya terlihat macet panjang.  "Sambil menunggu evakuasi longsoran dengan alat berat, kita berlakukan buka tutup saat ini ya. Mudah mudahan siang nanti selesai mengigat matrial berupa tanah dan batu besar, butuh waktu lama untuk menyingkirkannya," kata AKP Sony Suhartanto Kasat Lantas Polres Magetan.

Ia pun mengimbau kepada para wisatawan maupun penguna jalan tujuan lainya untuk berhati-hati dan waspada. Potensi longsor dan pohon tumbang di jalan tembus Sarangan - Cemorosewu, kata dia, bisa saja terjadi kapan saja.

3. Longsor menimpa tiang PJU dan Telkom

Tebing 10 Meter Longsor, Akses Jalan Jatim-Jateng TertutupTebing setinggi 10 meter lebar 8 meter di jalan Tembus Sarangan Magetan - Karanganyar Jawa Tengah longsor tutup 75 persen badan jalan. IDN Times/ Riyanto

Senada, hasil assessment dari BPDB Magetan menyebut jika longsor disebabkan oleh curah hujan lebat yang mengguyur wilayah Magetan selama kurang lebih 4 jam. "Akibatnya tanah menjadi lembek tidak kuat menahan hingga akhirnya longsor ini. Material longsoran menutup sebagian besar akses jalan raya Sarangan-Cemorosewu. Jalur satu satunya menuju Jawa Tengah ini," kata Eka Wahyudi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magatan.

Material longsoran, lanjut Eka, berasal dari tebing jalan dan ladang milik warga bernama Warsini. "Akibatnya, 75 persen badan jalan raya Sarangan-Cemorosewu tertutup material longsor, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas," beber Eka.

Selain menutupi jalan, material longsor juga menimpa tiang dan kabel milik Telkom serta Penerangan Jalan Umum (PJU).  "Kepada masyarakat kami imbau untuk berhati-hati dan menghindari sementara jalur ini hingga proses evakuasi dengan alat berat selesai," pungkasnya.

Baca Juga: Potret Lebaran Ketupat di Magetan, Sajikan Ketupat 1 Kilometer

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya