7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di Magetan

Pada 7 tanjakan ini para pengguna jalan kerap celaka

Magetan, IDN Times - Musim mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan mengalami lonjakan pemudik. Jalur Sarangan - Cemoro Sewu, Magetan menjadi salah satu jalur favorit para pemudik, yang perlu diwaspadai. Sebab, ada 7 tanjakan maut yang berpotensi membahayakan keselamatan.

1. Tanjakan Kuren

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanBus pariwisata asal Tuban mundur, 1 orang penumpang tewas tergencet bus. IDN Times/ Riyanto

Tanjakan ini berada di Desa Dadi, Plaosan. Meski tidak panjang, tanjakan ini bisa menjadi jebakan jika macet. Di tanjakan ini, sering terjadi kecelakaan karena kendaraan tidak kuat naik ke atas. Salah satunya persitiwa bus pariwisata mundur dan menewaskan satu orang.

Baca Juga: Elf Wisatawan Asal Tuban Terguling di Jalan Raya Sarangan Magetan

2. Tanjakan Ngerong

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanPuluhan kendaraan alami rem blong tabrak hotel dan warung warga. IDN Times/ Riyanto

Berjarak 1 km dari Tanjakan Kuren. Menikung dan menanjak, turunannya lebih berbahaya. Puluhan kecelakaan terjadi, mulai dari menabrak hotel hingga warung karena remnya blong.

Bagi kendaraan yang tidak prima, mending jangan main-main. Melintasi jalur ini perlu kepiawaian pengemudi dan kondisi kendaraan yang prima. 

3. Tanjakan Payung

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanBanyak kendaraan di sini mundur akibat tidak kuat menanjak. IDN Times/ Riyanto

Terletak di atas Telaga Wahyu. Tanjakan terpanjang ini sering membuat kendaraan roda 4 kehabisan napas karena telat oper gigi. Petugas kepolisian bersiaga selama musim liburan untuk membantu kendaraan yang tidak kuat menanjak.

4. Tanjakan Stroberi

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanTanjakan stroberi, kendaraan kerap alami rem blong dan tabrak tebing. IDN Times/ Riyanto

Berada di atas kebun stroberi. Yang berbahaya justru turunannya yang curam dan menikung. Tercatat beberapa kali bus wisatawan menabrak tebing. Beberapa penumpang meninggal dunia hingga luka serius. 

5. Tanjakan Mandoran

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanTanjakan jalan tembus, tepat di atas telaga Sarangan. IDN Times/ Royanto

Tanjakan ini tak jauh dari lokasi wisata Telaga Sarangan. Penguna jalan kerap celaka, kendaraan mundur dan menabrak kendaraan lain di belakangnya akibat tidak kuat menanjak.

6. Tanjakan Jalan Tembus

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanTanjakan jalan tembus. IDN Times/ Riyanto

Tanjakan kedua setelah Tanjakan Payung, atau tepatnya di atas telaga Sarangan. Gunakan gigi satu pada saat menanjak ataupun saat turun. Rawan rem blong dan menabrak tebing bahkan masuk jurang.

7. Tanjakan Lawu Grend Forest (LGF)

7 Tanjakan Maut Wajib Diwaspadai Pemudik di MagetanTanjakan Lawu Green Forest (LGF) di jalan tembus Sarangan-Cemorosewu Magetan, 7 orang tewas di sini. IDN Times/ Riyanto

Bukan tanjakannya yang mematikan, tetapi turunannya yang perlu ektra hati-hati. Tanjakan LGF lokasinya di atas Mojosemi Forest Park.

Tercatat 7 orang penumpang bus tewas akibat bus yang ditumpangi alami rem blong dan masuk jurang sedalam 20 meter di sini. Dinas Perhubungan Propinsi Jatim memasang rolling barier untuk mencegah kendaraan masuk jurang.

Tips Aman Melintasi 7 Tanjakan Maut

Periksa kondisi kendaraan, terutama rem, gunakan gigi rendah saat menanjak ataupun turun. Kemudiam jangan memaksakan diri jika kendaraan tidak kuat menanjak, terakhir, patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Mudik Lebaran harusnya menjadi momen bahagia bersama keluarga. Jangan sampai niatnah pulang kampung halaman justru pulang selama-lamanya.

Baca Juga: Elf Wisatawan Asal Tulungagung Terguling di Jalan Tembus Sarangan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya