Puluhan Rumah di Kartoharjo Magetan Terendam Banjir

Kali Ulo dan Sungai Pleret di Kecamatan Kartoharjo meluap

Magetan, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Magetan sejak Sabtu (9/3/2024) malam, mengakibatkan beberapa desa di Kecamatan Kartoharjo terendam banjir. Banjir juga menggenangi persawahan jalan dan rumah warga di Desa Jeruk, Kartoharjo, Pencol, dan Sukowidi pada sejak malam tadi. 

1. Dua sungai meluap tidak mampu menampung air hujan

Puluhan Rumah di Kartoharjo Magetan Terendam BanjirPuluhan warga lansia dan perempuan dievakuasi di desa Jajar dan Ngelang Kartoharjo dievaluasi ketempat aman. IDN Times/ Riyanto

Tidak hanya itu, banjir juga meluas ke Desa Jajar dan Desa Ngelang pada Minggu (10/3/2024) pagi. Plt. Kalaksa BPBD Magetan, Yok Sujarwadi, mengatakan bahwa banjir terjadi akibat luapan dua sungai, yaitu Sungai Plered dan Kali Ulo.

"Sungai Plered meluap dan mengakibatkan kawasan Desa Jeruk dan Desa Karangmojo terdampak. Sebanyak 15 rumah di Desa Jeruk dan 5 rumah di Desa Karangmojo terendam banjir," kata Yok.

Kali Ulo juga meluap dan membawa air dari selatan Magetan. Desa Pencol memiliki 4 rumah terendam, dan di Desa Sukowidi, 95 hektar lahan persawahan terendam. Air kemudian mengalir ke Desa Jajar dan merendam sekitar 12 rumah dan 120 hektar sawah.

Baca Juga: Tanggul Sungai Jebol, Puluhan Rumah di Magetan Terendam Banjir

2. Beberapa warga sakit dievakuasi ketempat aman

Puluhan Rumah di Kartoharjo Magetan Terendam BanjirPuluhan warga lansia dan perempuan dievakuasi di desa Jajar dan Ngelang Kartoharjo dievaluasi ketempat aman. IDN Times/ Riyanto

"Siang ini banjir di Desa Jajar mulai surut, namun air di Desa Ngelang masih tinggi dan terus kita pantau. Kami siagakan pletugas BPBD dan TNI di kedua desa tersebut. Ada beberapa lansia yang sakit di Desa Ngelang dievakuasi ketempat aman," terangnya 

Siang ini air yang menggenangi Desa Jajar dan Ngelang. Sementara itu cuaca di kawasan Kartoharjo masih berawan dan dimungkinkan masih akan turun hujan. Air akan kembali naik. 

"Kami telah siapkan perahu karet dan dapur umum bila sewaktu waktu air banjir meninggi," pungkasnya.

3. Dampak banjir puluhan rumah dan ratusan hektaran padi terendam

Puluhan Rumah di Kartoharjo Magetan Terendam BanjirAir masuk kedalam rumah warga yang lebih rendah. IDN Times/ Riyanto

Akibat curah hujan tinggi sebaban puluhan rumah warga terendam banjir. Kemdiak ratusan hektar lahan persawahan terendam banjir. Sejumlah warga lansia dievakuasi.

"Yang jelas petugas BPBD dan TNI telah kami siaga di lokasi banjir. Kemudian evakuasi warga lansia yang sakit juga telah dilakukan," pungkasnya.

Warga diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan.

Mengikuti informasi terkini dari BPBD Magetan dan segera mengungsi ke tempat aman jika terjadi banjir.

Baca Juga: Elf Wisatawan Asal Tulungagung Terguling di Jalan Tembus Sarangan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya