Pria di Madiun Temukan Jenazah Wanita di Semak Belukar

Korban meninggal dunia akibat kelaparan dan kedinginan

Madiun, IDN Times - Saat membersihkan rumput liar, Sukarno, warga Desa Sidodadi, tak menyangka akan menemukan jenazah di tengah semak belukar di Desa Klecorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, pada Rabu (31/07/2024).

1. Kronologi

Pria di Madiun Temukan Jenazah Wanita di Semak BelukarIdentitas jenazah tersebut diketahui bernama Harti, seorang wanita berusia 71 tahun asal Desa Kaliabu. IDN Times/ Istimewa.

Kejadian bermula ketika Sukarno sedang sibuk membabat rumput liar di dekat sawahnya. Saat itu, ia mencium aroma tidak sedap yang membuatnya penasaran.

"Saya mencari asal bau itu dan melihat sesuatu yang mencurigakan. Ketika saya mendekat, ternyata itu jasad orang," ujarnya.

Sontak, Sukarno berteriak minta tolong dan segera melaporkan temuannya kepada pemerintah desa setempat.

Polsek Mejayan dan Tim Inafis Polres Madiun langsung merespons laporan tersebut dengan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Lokasi penemuan jenazah yang berada di dekat sungai dan persawahan dengan akses jalan yang sempit membuat petugas harus berhati-hati dalam menjalankan tugas mereka.

Baca Juga: Pembunuh Sopir Truk di Madiun Terancam Hukuman Seumur Hidup

2. Identitas jenazah

Pria di Madiun Temukan Jenazah Wanita di Semak BelukarIlustrasi jasad. (IDN Times/Mardya Shakti)

Identitas jenazah tersebut diketahui bernama Harti, seorang wanita berusia 71 tahun asal Desa Kaliabu. Jasad Harti kemudian dibawa ke RSUD Caruban untuk dilakukan visum dan penyelidikan lebih lanjut.

Kanit Reskrim Polsek Mejayan, Iptu Harianto, menjelaskan bahwa penemuan jenazah dilaporkan oleh warga sekitar pukul 14.30 WIB. Berdasarkan informasi dari keluarga, korban diketahui menderita demensia dan telah hilang selama seminggu terakhir.

"Hasil pemeriksaan Tim Inafis Polres Madiun tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Diduga, sebelum meninggal dunia, korban mengalami kelaparan," jelas Harianto.

3. Korban kelaparan dan kedinginan

Pria di Madiun Temukan Jenazah Wanita di Semak BelukarIdentitas jenazah tersebut diketahui bernama Harti, seorang wanita berusia 71 tahun asal Desa Kaliabu. IDN Times/ Istimewa.

Dugaan ini diperkuat dengan penemuan sebotol air minum dan cabai di dekat jasad Harti. "Korban kemungkinan meninggal karena kedinginan. Dari kondisi tubuh yang sudah membusuk, diperkirakan korban telah meninggal sekitar empat hingga lima hari," tambahnya.

Kejadian ini mengejutkan warga Desa Klecorejo dan sekitarnya, mengingat pentingnya perhatian terhadap lansia, terutama yang menderita penyakit seperti demensia, untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Baca Juga: 4449 Warga Madiun Kategori Disabilitas, 10 Persennya Anak-Anak

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya