Pj Bupati Magetan Usulkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Fasilitas Wisata

Berharap fasilitas destinasi wisata semakin lengkap

Magetan, IDN Times - Jelang libur panjang sekolah, para pengelola wisata penyangga di Kabupaten Magetan Jawa Timur, seperti Genilangit, Buper Alastuwo, Mojosemi Forest Park, Lawu Green Forest, dan Kebun Bunga Refugia berharap kunjungan wisatawan semakin banyak. Mereka menaruh harapan besar kepada Penjabat Bupati Magetan, Hergunadi.

Mereka berharap janji Hergunadi untuk mengevaluasi dan mencari solusi atas anjloknya kunjungan wisatawan saat libur lebaran ke tempat wisata mereka dapat segera direalisasikan. Sebab saat ini jumlah kunjungan wisatawan belum terlalu menggembirakan. Menanggapi hal ini, Penjabat (Pj) Bupati Magetan sudah mengusulkan dana sebesar Rp1 miliar untuk melengkapi fasilitas destinasi wisata.

1. Usulkan perbaikan infrastruktur

Pj Bupati Magetan Usulkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Fasilitas WisataHergunadi, Pj Bupati Magetan. IDN Times/ Riyanto

Hergunadi, usai rapat paripurna di DPRD, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengusulkan anggaran Rp1 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan dan rambu pengarah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses wisatawan menuju lokasi wisata, terutama di kawasan selatan.

"Kita usulkan di APBD agar jalan ke Poncol tidak harus lewat Plaosan, tapi lewat Sumberagung ke kiri hingga jembatan Babar," terang Hergunadi.

Baca Juga: Pensiunan ASN Magetan Jadi Korban Perampokan saat Malam Takbiran

2. Komunikasi dan konektivitas jadi kunci sukses

Pj Bupati Magetan Usulkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Fasilitas WisataBumi Perkemahan Alastuwo di kelurahan Alatuwo Kecamatan Poncol Magatan. IDN Times/ Riyanto.

Selain perbaikan infrastruktur, Hergunadi juga berencana mengumpulkan para pelaku wisata untuk meningkatkan koordinasi dan konektivitas antarwisata.

"Kita akan kumpulkan para pelaku wisata untuk dikoordinasikan, supaya penawarannya bisa saling terkoneksi dan adil," jelasnya.

Hergunadi meyakini bahwa komunikasi dan konektivitas antarwisata merupakan kunci untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kalau tidak terkoneksi, informasi tidak sampai. Wisata alternatif kita kan hanya Sarangan saja. Jika terkoneksi, tentunya dapat kita layani dengan wisata penyangga," pungkasnya.

3. Momen libur sekolah jadi peluang kebangkitan

Pj Bupati Magetan Usulkan Rp1 Miliar untuk Perbaikan Fasilitas WisataMojosemi Dinosaurus Park di kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Magetan. IDN Times/ Riyanto.

Dengan campur tangan Pemkab Magetan, diharapkan momen libur sekolah kali ini dapat menjadi peluang kebangkitan bagi wisata penyangga di Magetan tahun ini.

Para wisatawan yang ingin berlibur di Magetan, tidak hanya terpaku pada Telaga Sarangan, namun juga dapat menjelajahi keindahan wisata penyangga lainnya. Hergunadi berharap momen libur sekolah ini dimanfaatkan untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Magetan.

Baca Juga: 5 Remaja di Surabaya Ditangkap Gegara Tawuran

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya