Pj Bupati Magetan Janji Evaluasi Anjloknya Kunjungan Wisata Penyangga

Selama libur lebaran kunjungan wisata penyangga minim

Magetan, IDN Times - Penurunan drastis kunjungan wisatawan ke berbagai lokasi wisata penyangga Telaga Sarangan selama libur lebaran tahun ini mendapat perhatian serius dari Penjabat Bupati Magetan, Hergunadi. Ia berjanji akan segera melakukan evaluasi dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

1. Akan didorong untuk kolaborasi wisata satu dengan yang lainnya

Pj Bupati Magetan Janji Evaluasi Anjloknya Kunjungan Wisata PenyanggaRekayasa lalulintas selama libur lebaran di Magetan. IDN Times/ Riyanto

Salah satu langkah yang akan segera diambil adalah mengaktifkan jalur selatan Magetan Kota sebagai alternatif untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Sarangan-Magetan saat padat. 

"Kami tahu apa yang dirasakan para pelaku wisata penyangga ini dan kan segera kami lakukan evaluasi. Kami akan dorong kolaborasi untuk mempermudah pemasaran sejumlah wisata penyangga,’’ kata Hergunadi, Selasa (16/4/2024). "Jalur ini, menurut Hergunadi, sudah cukup bagus dan hanya perlu pemeliharaan," ia menambahkan.

2. Akan ditambah rambu penunjuk di jalur selatan

Pj Bupati Magetan Janji Evaluasi Anjloknya Kunjungan Wisata PenyanggaTaman Wisata Genilangit sepi pengunjung. IDN Times/ Riyanto

Menurut Hergunadi, jalan selatan Magetan tersebut sudah bagus saat ini. Yang perlu dilakukan hanya perlu pemeliharaan jalan. "Tentunya, ini segera kami laksanakan sosialisasi, tidak perlu menunggu momen libur panjang," tegasnya.

Selain itu, Hergunadi juga berjanji akan menambah rambu penunjuk arah menuju sejumlah wisata penyangga di Magetan. "Tentu ini masukan bagus dari rekan-rekan pengelola wisata penyangga. Kami segera lakukan sosialisasi dan menambah rambu," pungkas Hergunadi.

3. Bila tidak segera dievaluasi mereka bisa gulung tikar

Pj Bupati Magetan Janji Evaluasi Anjloknya Kunjungan Wisata PenyanggaLokasi wisata Bumi Perkemahan Alastuwo sepi pengunjung. IDN Times/ Riyanto

Sebelumnya, sejumlah pengelola wisata penyangga Telaga Sarangan mengeluhkan anjloknya jumlah kunjungan wisatawan akibat buka tutup jalur di pertigaan Sidorejo selama musim libur lebaran. 

Mereka meminta Pemkab Magetan untuk mengevaluasi kebijakan tersebut dan memberikan perhatian yang lebih kepada wisata penyangga. Bila tidak segera dievaluasi mereka bisa gulung tikar. Pemasukan tidak cukup untuk membiayai operasional.

Baca Juga: Imbas Rekayasa Lalin, Kunjungan Wisata Penyangga di Magetan Anjlok

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya