Pj Bupati Magetan Angkat Bicara Soal Jalur Disabilitas Curam

Sebelum membangun seharusnya meminta pertimbangan teknis PU

Magetan, IDN Times - Pembangunan jalur disabilitas di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pasar Baru Magetan menuai kritik tajam dari masyarakat. Jalur khusus kursi roda di tangga utara pasar dinilai terlalu curam, menyerupai jalur ekstrem menuju Telaga Sarangan. Penjabat (Pj) Bupati Magetan, Hergunadi, menyarankan agar dinas terkait meminta pertimbangan teknis dari DPUR sebelum membangun.

1. Pj Bupati Magetan Angkat Bicara

Pj Bupati Magetan Angkat Bicara Soal Jalur Disabilitas CuramHergunadi, Pj Bupati Magetan. IDN Times/ Riyanto

"Intinya, sebelum membangun seharusnya dinas meminta pertimbangan teknis dari DPUPR. Jika tidak layak, jalur tersebut harus diperbaiki atau ditutup dulu. Pelayanan disabilitas bisa diprioritaskan di bawah dengan bantuan staf DPMPTSP," ujar Hergunadi, Kamis (26/6/2024).

Hergunadi menambahkan, hingga infrastruktur yang layak tersedia, penyandang disabilitas harus dibantu oleh staf. "Kami akan melihat jalur disabilitas tersebut. Biar tenaga teknis dari PUPR mendesain jalur yang layak, aman, dan sesuai untuk disabilitas," terangnya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas PUPR Magetan, Muchtar Wahid, apakah sempat dimintai bantuan, ia mengatakan belum menerima permintaan bantuan perencanaan fasilitas disabilitas dari DPMPTSP. 

"Saya belum menerima surat permintaan verifikasi perencanaan, Kabid Cipta Karya juga tidak menerima permohonan bantuan untuk mendesain jalur disabilitas tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Jalur Disabilitas di MPP Magetan Menuai Kritik karena Terlalu Curam

2. Ketau DPRD Magetan agendakan sidak

Pj Bupati Magetan Angkat Bicara Soal Jalur Disabilitas CuramSujatno, Ketua DPRD Magetan. IDN Times/ Riyanto

Ketua DPRD Magetan, Sujatno, merespon keluhan warga dengan memerintahkan komisi terkait untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak). "Kami akan sidak ke lokasi MPP, sekaligus melihat kondisi pasar baru pasca renovasi. Apakah dengan perubahan ini, pasar menjadi ramai atau sepi," kata Sujatno.

Ia menambahkan bahwa semua keluhan masyarakat akan ditampung. "Jangan sampai rakyat tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari pembangunan tersebut," pungkasnya. Sujatno berjanji akan segera menjadwalkan sidak ke MPP dan food court di timur Pasar Baru.

3. Bangunan ini viral diruja netizen

Pj Bupati Magetan Angkat Bicara Soal Jalur Disabilitas CuramJalur khusus untuk kursi roda di tangga utara Mal Pelayan Publik Pasar Baru Magetan dinilai terlalu curam. IDN Times/ Riyanto.

Sejumlah warga mengungkapkan keluhan mereka melalui media sosial, menyebut jalur tersebut berbahaya bagi penyandang disabilitas. "Lewat sini pengguna kursi roda langsung wasalam," tulis salah satu pengguna media sosial.

Pantauan media ini menunjukkan bahwa jalur difabel hanya menyesuaikan dengan bangunan tangga yang sudah ada, sehingga menjadi sangat curam dan berbahaya bagi difabel yang ingin naik atau turun.

Setelah keluhan merebak di media sosial, jalur tersebut ditutup. Petugas memasang tanda bahwa jalur sedang dalam perbaikan.

Baca Juga: Fenomena Embun Es Hiasi Puncak Gunung Lawu di Magetan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya