Pembobol Toko Sembako Madiun Ternyata Seorang Caleg

Kamplotan ini beraksi sejak tahun 2019

Madiun, IDN Times - Satreskrim Polres Madiun berhasil meringkus pelaku pembobolan sebuah toko sembako di Desa Suluk, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun yang terjadi pada Kamis (30/11/2023). Salah satu dari kawanan tersebut merupakan seorang calon legislatif (caleg).

1. Total komplotan pembobol rumah dan toko sebanyak 3 orang

Pembobol Toko Sembako Madiun Ternyata Seorang CalegKasat Reskrim Polres Madiun, AKP Magribi Agung Saputra/ IDN Times/ Istimewa

Kasat Reskrim Polres Madiun, AKP Magribi Agung Saputra membenarkan jika jajarannya telah menangkap dua dari tiga komplotan spesialis pembobol rumah dan toko. Sedang satu orang yang telah diketahui identitasnya masih dalam pengejaran.

"Dua pelaku yang kita tangkap berinisial ADK tercatat sebagai warga Madiun dan satu orang lagi berinisial BP asal Jombang. Kemudian 1 pelaku lagi berinisial TB statusnya DPO," kata AKP Magribi hari ini di Mapolres Madiun.

ADK dan BP, lanjutnya, sama sama spesialis pembobol rumah kosong dan toko. Mereka beraksi sebanyak 4 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kabupaten Madiun. 3 di Kecamatan Dolopo, dan 1 lagi di Kecamatan Wungu.

"Tidak hanya di wilayah madiun, komplotan ini juga beraksi di Ponorogo, Ngawi, Magetan, Nganjuk sejak tahun 2019 lalu," jelasnya.

Baca Juga: Terungkap! Modus Pembobolan ATM di Solo, Pelaku Pakai Tusuk Gigi

2. Tersangka berinisial ADK merupakan seorang caleg

Pembobol Toko Sembako Madiun Ternyata Seorang CalegDua pelaku ditangkap berinisial ADK warga Madiun dan satu orang lagi berinisial BP asal Jombang/ IDN Times/ Istimewa

Masih menurut Maghribi, tersangka berinisial ADK merupakan seorang calon legislatif dari salah satu partai, yang akan bertarung pada Pemilu 2024 di Madiun. Sedangkan tersangka inisial BP, adalah residivis kasus curat tahun 2017.

"Peran ADK dalam kasus ini sebagai driver mengemudikan mobil, mengantar pelaku BP selaku eksekutor, ke sasaran rumah atau pertokoan. Aksi terakhir di Desa Suluk dengan kerugian Rp40 juta," bebernya.

Salain dua tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa mobil rental yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksi

"Pengakuan para tersangka ini, motifnya faktor ekonomi. Namun kami masih menggali keterangan yang bersangkutan," tegasnya.

3. Pelaku masuk melalui jendela

Pembobol Toko Sembako Madiun Ternyata Seorang CalegPelaku membobol toko sembako di Desa Suluk, Kecamatan Dolopo, Madiun terekam CCTV/ IDN Times/ Istimewa

Tampak dalam rekam CCTV seorang pria tengah mengobok-obok sebuah toko sembako di Desa Suluk, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun pada Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 02.00 WIB.

Usai menjebol jendela, pelaku mengunakan senter tampak berjalan mengendap endap mencari barang berharga pada toko milik Agung Tri Pratama tersebut.

"Kami tidak mendengar ada suara apa apa malam tadi. Tahunya dari ibu bangun buat sahur terus melihat kamar berantakan, pintu belakang sudah dibuka," kata Agung.

Ibunya sempat berpikir kalau lupa mengunci. Namun begitu dicek lebih teliti,  uang yang disimpan pada laci sebesar Rp40 juta amblas.

"Kita cek CCTV ada orang masuk toko, tapi cuma satu orang, masuk lewat jendela kamar yang kebetulan kosong, kemudian jalan ke toko dan keluar lewat pintu belakang atau dapur. Jendela dicongkel pakai linggis," jelasnya.

Ciri-ciri pelaku dalam rekaman CCTV berambut botak, memakai baju hitam, serta berusia sekitar 40 tahun. Berbekal rekamam tersebut pemilik toko pun langsung melapor polisi. Hingga akhirnya kurang dari 24 jam dua pelaku tertangkap.

Baca Juga: Ibu Muda di Kota Madiun Tega Buang Bayinya Sendiri ke Toilet

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya