3 Mobil Damkar Magetan Siaga Tangani Karhutla di Cemorosewu

Kebakaran mulai ancam pemukiman warga

Magetan, IDN Times - Guna mengantisipasi karhutla Gunung Lawu yang menjalar turun ke pemukiman warga, tiga unit mobil pemadam milik Damkar Kabupaten Magetan beserata belasan personelnya disiagakan di Basecamp Jalur Pendakian Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Jumat (20/10/2023).

1. Tim Damkar untuk mencegat api merambat ke pemukiman

3 Mobil Damkar Magetan Siaga Tangani Karhutla di CemorosewuPetugas gabungan saat padamkan api mengunakan semprotan gendong/ IDN Times/ Riyanto

Tiga unit mobil Damkar yang disiagakan merupakan satu mobil rescue dan dua unit truk supply ditambah satu truk supply air milik PMI Magetan yang turut disiagakan Pemkab Magetan untuk antisipasi karhutla yang sudah mengarah ke bawah dari kawasan Pos 1 Jalur Pendakian Cemoro Sewu.

"Kami diperintahkan pak Bupati Magetan untuk bersiaga di Cemoro Sewu, karena api mulai mengarah ke bawah. Kami disiagakan untuk mengantisipasi jika api mulai mendekat ke pemukiman warga. Semoga tidak sampai ke pemukiman," kata Kabid Damkar Satpoll PP dan Damkar Magetan Ali Sukamto.

Baca Juga: Kebakaran di Lawu Bergerak ke Bawah, Menuju Ilaran

2. Api merangsek turun mengarah ke pemukiman

3 Mobil Damkar Magetan Siaga Tangani Karhutla di CemorosewuApi mengarah ke bawah kepumikiman warga/ IDN Times/ Riyanto

Sampai siang ini, lanjut Ali, api sudah mulai mengarah ke pemukiman meski jaraknya masih cukup jauh. Pihaknya bakal melakukan pemantauan bersama satgas penanganan Karhutla Gunung Lawu jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

"Untuk di mako damkar sendiri masih ada lima unit serta petugas piket untuk stand by, kalau ada permintaan penanganan di wilayah bawah," jelas Ali.

3. Update pergerakan api siang ini

3 Mobil Damkar Magetan Siaga Tangani Karhutla di CemorosewuPetugas terus berjibaku padamkan api/ IDN Times/ Riyanto

Sekarang ini api masih membara membakar hutan di Petak 73 RPH Sarangan BKPH Lawu Selatan KPH Lawu DS. Api terus turun  mengarah ke Sendang Panguripan di bawah kawasan Pos 1 Jalur Pendakian Cemoro Sewu.

Semi keamanan, sejumlah petugas dan warga yang terlibat pemadaman diturunka mengingat membahayakan. Saat ini, petugas melakukan pemantauan di Pos Lapangan Penanganan Karhutla Gunung Lawu di Basecamp Jalur Pendakian Cemoro Sewu.

Baca Juga: 1000 Warga Magetan Salat Istisqa Berharap Hujan Padamkan Karhutla Lawu

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya