Kota Madiun Siap Simulasi Makan Siang Gratis Usai Lebaran

Katanya sih, bantu anak-anak belajar lebih baik

Kota Madiun, IDN Times - Program Makan Siang Gratis yang digagas Capres Prabowo dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka mendapat respons positif dari daerah. Salah satunya Kota Madiun, yang menyatakan siap melaksanakan program tersebut.

1. Simulasi akan dimulai setelah lebaran

Kota Madiun Siap Simulasi Makan Siang Gratis Usai LebaranMaidi Walikota Madiun saat bertakjiah kerumah almarhum Sugiono. IDN Times/ Riyanto

Wali Kota Madiun Maidi mengungkapkan optimismenya program ini dapat berjalan lancar di Kota Pendekar. Simulasi akan dimulai setelah Lebaran, menyesuaikan dengan ibadah puasa Ramadhan.

"Anak-anak harus mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk berkonsentrasi belajar. Program ini penting karena mereka sedang dalam tahap tumbuh kembang," ujar Maidi, Selasa (19/03/2024).

Baca Juga: Padi Diserang Tikus, Petani di Madiun Terancam Gagal Panen

2. Wali kota telah kumpulkan ahli gizi

Kota Madiun Siap Simulasi Makan Siang Gratis Usai LebaranGizi seimbang (Alvin/google.com)

Maidi menegaskan, program ini bukan asal memberi makan siang, tetapi harus dipastikan bergizi. Ahli gizi akan dilibatkan untuk merumuskan menu yang menunjang pertumbuhan anak-anak.

"Implementasinya mudah. Anak-anak akan diberi kupon untuk ditukar di kantin sekolah. Kantin dibantu UMKM jika tidak mampu. Guru dan orang tua juga perlu berperan dalam pengawasan program ini," jelas Maidi.

3. Makan siang gratis membantu anak-anak belajar dengan baik

Kota Madiun Siap Simulasi Makan Siang Gratis Usai LebaranPara pelajar yang sedang wisuda (pexels.com/Emily Ranquist)

Program Makan Siang Gratis diharapkan Maidi dapat membantu anak-anak belajar dengan optimal dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Madiun.

"Dengan asupan gizi dan nutrisi yang cukup anak-anak akan tumbang dan berkembang dengan baik. Tidak ada lagi cerita anak mengantuk dan lemas saat belajar di kelas karena belum makan," pungkasnya.

Baca Juga: Pemuda Ngawi Hanyut di Sungai Bengawan Madiun Ditemukan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya