Imbas Rekayasa Lalin, Kunjungan Wisata Penyangga di Magetan Anjlok

Kujungan minim, para pelaku wisata terancam gulung tikar

Magetan, IDN Times - Momen libur lebaran yang biasanya menjadi berkah bagi para pelaku wisata di Magetan, Jawa Timur, kali ini justru terasa hampa. Buka tutup jalur di pertigaan Sidorejo selama musim libur lebaran tahun ini berimbas pada anjloknya jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai lokasi wisata penyangga Telaga Sarangan.

1. Kujungan wisatawan di lokasi wisata penyangga turun drastis

Imbas Rekayasa Lalin, Kunjungan Wisata Penyangga di Magetan AnjlokTaman Wisata Genilangit sepi pengunjung. IDN Times/ Riyanto

Edy Sukocahyono, pengelola Taman Wisata Genilangit di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempatnya tidak sampai 1.000 orang selama liburan. Hal ini jauh berbeda dengan kondisi di tahun-tahun sebelumnya yang melampaui 1000 orang.

"Tidak hanya kami, tapi hampir di seluruh lokasi wisata selain Telaga Sarangan jumlah kunjungan wisata minim. Turun drastis akibat rekayasa arus lalu lintas yang kami rasa belum tepat," keluh Edy, Senin (15/4/2024).

Menurut Edy, seharusnya saat Telaga Sarangan penuh, wisatawan dialihkan ke lokasi wisata penyangga lainnya. Alih-alih diarahkan kelokasi wisata lain, malah diputar balik di pertigaan Sidorejo, wisatawan justru kembali ke kota dan enggan naik lagi.

"Pengalihan arus harusnya di pertigaan depan Polsek Plaosan. Bisa diarahkan ke selatan. Ada wisata Genilangit, Alastuwo dan Wonomulyo," terangnya.

Ia menambahkan, ini merupakan kali kedua musim libur lebaran di mana jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi wisata selain Telaga Sarangan mengalami penurunan drastis. "Kami minta untuk dievaluasi oleh pemangku kebijakan di Magetan. Bila setiap musim selalu begini kami bisa gulung tikar. Jangan hanya mengejar kelancaran lalu lintas saja, tetapi juga dampak ekonomi bagi kami pelaku wisata," tegasnya.

2. Perhatian terhadap Wisata Penyangga dinilai minim

Imbas Rekayasa Lalin, Kunjungan Wisata Penyangga di Magetan AnjlokLokasi wisata Bumi Perkemahan Alastuwo sepi pengunjung. IDN Times/ Riyanto

Hal serupa juga dirasakan oleh pengelola Bumi Perkemahan Alastuwo, Teguh Hariyanto. Ia mengungkapkan bahwa kunjungan wisata tahun ini benar-benar minim akibat buka tutup di pertigaan Sidorejo.

"Kami melihat wisatawan berkunjung ke Magetan hanya difokuskan pada satu titik yaitu Sarangan. Meski pengunjung menumpuk tetap dimasukkan terus, sedangkan kondisi jalan macet yang seharusnya pengunjung bisa diarahkan ke wisata alternatif sambil menunggu kepadatan Sarangan terurai," ungkap Teguh.

Teguh menyayangkan minimnya perhatian pemerintah terhadap destinasi wisata di Magetan selain Telaga Sarangan. Menurutnya, wisata-wisata tersebut dianggap sebagai kompetitor yang harus bersaing, bukan saling melengkapi.

"Kan ironis ini, kami mohon untuk dievaluasi, agar perputaran ekonomi tidak hanya terpusat di satu titik Telaga Sarangan," pungkasnya.

3. Data kunjungan wisata di Magetan

Imbas Rekayasa Lalin, Kunjungan Wisata Penyangga di Magetan AnjlokRibuan orang kunjungi lokasi wisata Telaga Sarangan. IND Times/ Riyanto

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, berikut adalah data kunjungan wisata di seluruh destinasi wisata di Magetan selama libur lebaran 2024:

Telaga Sarangan: 22.830 orang

Telaga Wahyu: 176 orang

Mojosemi Forest Park: 1.710 orang

Magetan Park: 671 orang

TWD Jabung: 748 orang

Kebun Refugia: 733 orang

Parang Hill: 213 orang

Lawu Green Forest: 505 orang

Wana Wisata AlasTuwo: 124 orang

Taman Genilangit: 497 orang

Sendang Bening: 333 orang

Magetan Green Garden: 139 orang

Kolam Renang Banyu Biru: 720 orang

Taman Tirto Gumarang: 185 orang

Pendakian Cemoro Sewu: 307 orang

WBL Petungrejo: 75 orang

Kolam Renang Sumber Barokah: 219 orang

Museum Joko Tingkir Temboro: tutup

Kolam Renang Soheden: 118 orang

Kebun Buah Srogo: tutup

Randugede Hidden Paradise: 250 orang

Sorbendo: 250 orang

Sendang Growong: 300 orang

Jalan Tembus: 2.610 orang

Ditanya lebih lanjut kujungan wisata di Telaga Sarangan disebut pengelola sebagai kujungan tertinggi 24 ribu orang pada lebaran ke-4 Sabtu (13/04/2024). Mereka para pelaku wisata menyebut keangkuhan. 

"Kami minta pemerintah daerah mengevaluasi kebijakan rekayasa arus lalu lintas during musim liburan. Bagaimana caranya agar wisatawan mampir di lokasi wisata penyangga saat Telaga Sarangan penuh," pungkas mereka.

Baca Juga: Hari ke-3 Lebaran di Magetan Diwarnai Banjir dan Pohon Tumbang

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya