Hari ke-4 Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Telaga Sarangan Magetan

Target kunjungan wisatawan 250 ribu

Magetan, IDN Times - Ribuan wisatawan memadati objek wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur pada hari keempat Lebaran, Sabtu (13/4/2024). Petugas gabungan terpaksa memberlakukan buka tutup jalan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang hendak memasuki kawasan Telaga Sarangan. Ribuan kendaraan sudah keluar masuk kawasan wisata tersebut sejak pagi hingga siang hari.

1. Diberlakukan buka tutup

Hari ke-4 Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Telaga Sarangan MagetanUrai penumpukan, Polisi dan Dishub Magetan berlakukan sistem buka tutup. IDN Times/ Riyanto

Tampak antrean panjang kendaraan wisatawan sudah terjadi sejak dari pintu masuk utama Telaga Sarangan dan di pertigaan Singolangu bawah. Pintu masuk lainnya, seperti Pertigaan Omah Djowo dan Simpang Empat Singolangu Atas, hanya boleh dilalui kendaraan yang hendak keluar dari Sarangan. 

Untuk mencegah penumpukan antrian masuk lokasi wisata, Satlantas Polres Magetan bersama Dishub setempat memberlakukan menutupan terhadap kendaraan roda empat yang hendak masuk ke Telaga Sarangan.

Penutupan hanya dilakukan saat Sarangan ramai dan dibuka kembali saat kondisi sudah longgar.

2. Puncak kunjungan diprediksi hari ini dan besok

Hari ke-4 Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Telaga Sarangan MagetanRibuan wisatwan padati lokasi wisata Telaga Sarangan di Magetan. IDN Times/ Riyanto

Menurut Kabid Pengelolaan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan, Eka Radityo, jumlah pengunjung Telaga Sarangan pada Sabtu siang mencapai 12.000 orang dan diperkirakan akan mencapai 20.000 pengunjung pada sore hari.

"Sistem buka tutup dilakukan untuk menghindari kemacetan dan tidak mengganggu pengunjung maupun penyedia jasa usaha di Sarangan," jelas Eka.

Ia menambahkan, jumlah pengunjung Telaga Sarangan terus meningkat sejak Hari Raya Idul Fitri. Pada tanggal 10 April 2024, tercatat 3.000 pengunjung, 11 April 2024 sebanyak 11.000 pengunjung, dan 12 April 2024 mencapai 17.000 pengunjung.

"Puncak kunjungan diprediksi terjadi hari ini dan besok. Karena pada hari Selasa sudah mulai masuk kerja," terang Eka.

3. Target kunjungan 250 ribu wisatawan

Hari ke-4 Lebaran, Ribuan Wisatawan Kunjungi Telaga Sarangan MagetanRibuan wisatwan padati lokasi wisata Telaga Sarangan di Magetan. IDN Times/ Riyanto

Pihaknya menargetkan kunjungan Telaga Sarangan selama libur Lebaran 2024 mencapai 160.000 orang. Jika ditotal dengan kunjungan seluruh objek wisata di Magetan, targetnya mencapai 250.000 pengunjung.

Selain menikmati keindahan alam Telaga Sarangan, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana permainan seperti speedboat, kuda, perahu bebek bermotor, dan mencicipi kuliner khas Magetan seperti sate kelinci dan nasi pecel

Baca Juga: Puluhan Kendaraan Wisatawan Tak Kuat Menanjak di Sarangan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya