Hari ke-3 Lebaran di Magetan Diwarnai Banjir dan Pohon Tumbang

Beberapa KK terpaksa rayakan lebaran di tengah banjir

Magetan, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Magetan pada Kamis (11/04/2024) sore menyebabkan beberapa wilayah di Magetan dilanda banjir dan pohon tumbang. Banjir luapan terjadi di Desa Jungke, Kecamatan Karas. Sementara pohon tumbang menimpa kabel listrik terjadi di Desa Bayem Taman, Kecamatan Kartoharjo.

1. Banjir di Desa Jungke merendam puluhan rumah warga

Hari ke-3 Lebaran di Magetan Diwarnai Banjir dan Pohon TumbangPuluhan rumah warga di desa Jungke Kecamatan Karas terendam banjir luapan sungai yang menyempit. IDN Times/ Istimewa

Menurut Eka Wahyudi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, banjir luapan menggenangi beberapa rumah warga di Desa Jungke akibat penyempitan gorong-gorong saluran irigasi. 

"Ketinggian air mencapai 20-50 cm. Petugas BPBD, TNI/Polri, dan perangkat desa telah membantu warga yang terdampak dan melakukan pembersihan rumah yang tergenang," kata Eka pada Jumat (13/04/2024).

Banjir sudah mulai surut, lajut Eka, pembersihan rumah yang tergenang dilakukan oleh pemilik rumah. 

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, untuk kerugian materiel masih dalam pendataan," terangnya.

2. Pohon Tumbang di Desa Bayem Taman

Hari ke-3 Lebaran di Magetan Diwarnai Banjir dan Pohon TumbangPohon tumbang di desa Bayem Taman Kecamatan Kartoharjo timpa kabel listrik. IDN Times/ Istimewa

Imbas hujan lebat disertai angin juga mengakibatkan pohon jati berdiameter sekitar 150 sentimeter tumbang menimpa kabel listrik di Desa Bayem Taman Kecamatan Kartiharjo.

"Petugas BPBD telah menangani pohon tumbang dengan memotong mengunakan gergaji mesin. Sementara listrik yang mati akibat kabel tertimpa telak ditangi oleh pihak PLN," imbuhnya.

3. Imbauan BPBD Magetan

Hari ke-3 Lebaran di Magetan Diwarnai Banjir dan Pohon TumbangPohon tumbang di desa Bayem Taman Kecamatan Kartoharjo timpa kabel listrik. IDN Times/ Istimewa

BPBD Magetan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrim, seperti hujan deras dan angin kencang.

"Masyarakat kami imbau untuk menjauh dari lokasi rawan bencana alam dan segera menghubungi BPBD Magetan jika terjadi kejadian serupa," pungkasnya.

Baca Juga: Jamaah Syattariyah Magetan Gelar Salat Id Hari Ini

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya