Elf Wisatawan Asal Tulungagung Terguling di Jalan Tembus Sarangan

Sopir tidak hafal medan jalan

Magetan, IDN Times - Kecelakaan lalulintas kemabali terjadi di jalan tembus Sarangan - Cemorosewu, tepatnya tikungan atas lokasi wisata Lawu Green Forest (LGF) masuk Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur. Kali ini menimpa Isuzu Elf nopol AG 779 V yang membawa rombongan mahasiswa wisatawan asal Tulungagung.

1. Kronologi kecelakaan mobil wisatawan terguling

Elf Wisatawan Asal Tulungagung Terguling di Jalan Tembus SaranganIsuzu Elf nopol AG 779 V yang membawa rombongan mahasiswa wisatawan asal Tulungagung terguling di jalan tembus Sarangan Magetan. IDN Times/ Riyanto

Diceritakan salah satu penumpang bernama Irzaki (22), awalnya rombongan berjumlah 8 orang berniat berwisata ke- telaga Sarangan di Magetan dengan menyewa mobil rental.

"Kami berangkat dini hari dari kampus UIN Satu Tulungagung, lewat Trenggalek kemudian Ponorogo dan tiba di Magetan dengan tujuan telaga Sarangan. Beberapa lama di Sarangan kami selanjutnya ingin ke Tawangmangu," kata Irzaki saat dirawat di Puskesmas Plaosan, Minggu (10/03/2024).

Berangkatlah rombongan, lanjutnya, namun diputuskan ngopi terlebih dahulu di Cemorokandang. Tapal batas Magetan dengan Karanganyar. 

"Setelah puas istirahat dan ngopi-ngopi, kami memilih balik, tidak melanjutkan perjalan ke Tawangmangu di Karanganyar. Karena sore sebelum magrib kita sudah harus kembali ke kampus," terangnya.

Baca Juga: Elf Wisatawan Asal Tuban Terguling di Jalan Raya Sarangan Magetan

2. Detik detik mobil elf terguling

Elf Wisatawan Asal Tulungagung Terguling di Jalan Tembus SaranganIsuzu Elf nopol AG 779 V yang membawa rombongan mahasiswa wisatawan asal Tulungagung terguling di jalan tembus Sarangan Magetan. IDN Times/ Riyanto

Masih menurut cerita Irzaki korban penumpang elf terguling, pada saat perjalan di jalan yang menurun mobil melaju kencang dan tiba-tina oling dan terguling.

"Saat di jalan menurun mobil melaju kencang, begitu pas yang ada pembatas jalan rollingbarier jalan menikung tajam mobil spertinya kehabisan jalan. Oleh sopir dibanting kearah kanan lalu terguling dan menabrak pembatas jalan tersebut," terangnya lagi.

Seluruh penumpang panik, berusaha keluar dari dalam mobil yang terguling. Semua alami luka baik ringan sedang hingga berat. Oleh polisi selajutnya meraka dibawa ke Puskesmas Plaosan untuk mendapatkan perawatan.

3. Penyebab kecelakaan menurut polisi

Elf Wisatawan Asal Tulungagung Terguling di Jalan Tembus SaranganSeluruh penumpang beserta sopir alami luka-luka dirawat di Puskesmas Plaosan. IDN Times/ Riyantop

Kasatlantas Polres Magetan AKP Sony Suhartanto mengatakan, dari hasil olah TKP sementara, kecelakaan dipicu oleh sopir yang tidak hafal medan jalan. Pada di jalan yang menurun telah dianjurkan pindah gigi satu atau dua, tetapi tidak dilakukan.

"Perseneling berada di gigi tiga, sehingga pada saat di jalan menurun laju kendaraan telalu kencang dan sulit dikendalikan dan terguling," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, seluruh penumpang dan sopir selamat. Hanya alami luka-luka. Satu orang dirujuk ke RSUD dokter Sayidiman Magatan akibat luka serius di kepala. 

"Satu dirujuk ke rumah sakit, selebihnya dirawat di Puskesmas Plaosan termasuk sopir atas nama Muhamad Fathu Roziq warga Kalidawir Tulungagung," imbuhnya.

Terakhir ditambahkannya, para penyedia jasa kendaraan untuk wisata menuju telaga Sarangan atau yang ada di gunung Lawu untuk selalu mengecek kendaraan dan diberikan pengemudi berpengalaman. 

"Topografi gunung tentunya jalan naik turun, diperlukan keahlian sopir membawa penumpang agar selamat diperjalan. Selain itu penting, patuhi rambu yang ada agar terhindar dari musibah kecelakaan," pungkasnya.

Baca Juga: Badai Terjang Lokasi Wisata Telaga Sarangan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya