Dear Cah Magetan, Ada 1.602 Lowongan PPPK

Siapkan berkasmu, Cah!

Magetan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur dapat angin segar tahun ini. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengabulkan sebanyak 1.602 kuota untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2023.

1. Pemkab Magetan awalnya mengajukan PPPK sebanyak 1.480 kuota untuk 3 formasi

Dear Cah Magetan, Ada 1.602 Lowongan PPPKIlustrasi PPPK Magetan. Dokumentasi BKD Magetan

Pengajuan pemkab Magetan untuk formasi PPPK telah dilakukan sejak awal bulan Juni lalu sebanyak 1.480. Rinciannya, 1.090 formasi guru, 252 formasi tenaga kesehatan (Nakes) dan 138 formasi teknis. 

"Sebelumnya kita lakukan pengajuan jumlah formasi ke pusat. Oleh pemerintah pusat kemudian diminta untuk melakukan optimalisasi kebutuhan guru," kata Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi (PPI) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Magetan, Nunuk Trisulawati.

Pada tanggal 26 Juni, lanjutnya, Pemkab melakukan optimalisasi pada jumlah formasi guru yang diajukan ke pusat. Totalnya naik dari 1.480 menjadi 1.622 formasi. Dengan rinciannya 1.232 formasi guru, 252 formasi nakes, dan 138 formasi teknis. "Angkanya naik pada jumlah formasi guru," jelasnya.

Baca Juga: Gegara Bocah Main Korek Gudang Gabah di Magetan Ludes Terbakar

2. Kemenpan RB menyetujui 1.602 yang diajukan

Dear Cah Magetan, Ada 1.602 Lowongan PPPKIlustrasi PPPK Magetan. Dokumentasi BKD Magetan

Nunuk menyampaikan saat ini Pemkab telah mendapat angka formasi PPPK yang disetujui Kemenpan- RB. Totalnya ada 1.602 formasi dengan rincian 1.232 formasi guru, 251 formasi nakes dan 119 formasi teknis.

"Jumlah tersebut untuk formasi guru sama dengan jumlah yang diajukan pemkab, sedangkan untuk jumlah nakes dan teknis dikurangi jumlah formasinya," jelasnya.

Lebih lanjut ditanyakan kapan mulai dibukanya seleksi pendaftaran, Nunuk menjawab pertengahan September. Siapa yang bisa mengikuti Dia mengaku masih menunggu aturannya. "Kami masih menunggu petunjuk teknis dan aturanya ya. Apakah aturan sama dengan tahun lalu atau ada aturan baru. Kita belum tahu," terangnya

3. Belum ada kepastian aturan seleksinya

Dear Cah Magetan, Ada 1.602 Lowongan PPPKIlustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Untuk aturannya, Nunuk mengaku belum tahu. "Nanti jika sudah keluar aturannya akan kami sampaikan ya," Nunuk ujarnya. 

Jika merunut aturan tahun lalu , seleksi PPPK formasi guru mewajibkan dari pendaftar masuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sementara Nakes harus masuk Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK). Adapun formasi tenaga teknis tahun lalu bebas dari pendaftar manapun, asal memiliki pengalaman kerja selama dua tahun di kantor atau perusahaan negeri atau swasta.

Baca Juga: Ribuan Guru Honorer Surabaya Diangkat PPPK

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya