Beragam Jimat Disita dari Peserta Tes CPNS di Madiun

Jimat yang dibawa peserta mulai dari rajah hingga kunyit

Madiun, IDN Times - Panitia seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CP3K), Kota Madiun, sejumlah jimat yang sengaja dibawa para peserta ujian.

1. Panitia tes CPNS dan CP3K gunakan metal detektor

Beragam Jimat Disita dari Peserta Tes CPNS di MadiunSetiap peserta tes CPNS dan CP3K satu persatu diperiksa dengan metal detektor sebelum masuk ruang ujian/ IDN Times/ Riyanto

Dalam tes yang berlangsung di Wisma Haji hari ini, panitia menemukan benda yang diduga sebagai jimat yang dibawa oleh peserta. Barang tersebut diamankan ketika satu persatu peserta memasuki body checking, sebelum mengikuti tahapan ujian.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Madiun Mochammad Machfud membeberkan, menemukan jimat yang dibawa peserta. dan bentuknya beragam. 

"Ada yang dibawa, ada yang untuk dioles. Ada juga yang membawa contekan. Peserta membawa jimat baru kami temui mulai pelaksanaan tes hari keempat," kata Machfud, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga: Peserta Tes CPNS Kemenkumham Jatim Ada Bawa Jimat

2. Panitia sita barang yang diduga jimat

Beragam Jimat Disita dari Peserta Tes CPNS di MadiunPanitia menyita barang barang yang diduga jimat dari para peserta tes CPNS dan CP3K/ IDN Times/ Riyanto

Menurut Machfud, barang barang tersebut langsung disita oleh panitia dan tidak diperkenankan untuk dibawa masuk ke ruang tes. 

"Barang yang boleh dibawa peserta masuk ruangan ujian hanya KTP, kartu peserta, PIN peserta, kertas buram, dan kartu penitipan barang. Untuk alat tulis sudah kami sediakan di meja masing-masing," terangnya. 

Terakhir panitia mengimbau kepada para peserta untuk mematuhi aturan. Pelaksanaan tes sudah sangat transparan dan fair bagi peserta. Sebaiknya belajar dan yakin pada kemampuan diri sendiri.

Sebagai informasi, Wisma Haji Kota Madiun menjadi lokasi pelaksanaan tes. Selain Pemkot Madiun, pelaksanaan tes meliputi 70 instansi. Mulai dari kementerian, provinsi, hingga kabupaten/kota lainnya.

3. Total ada 11.700 peserta tes CPNS dan P3K

Beragam Jimat Disita dari Peserta Tes CPNS di MadiunSebanyak 11.700 CPNS dan P3K se- Karisidenan Madiun/ IDN Times/ Riyanto

Total peserta yang mengikuti tes tahun ini ada sebanyak 11.700 CPNS dan P3K se- Karisidenan Madiun. Mulai dari Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Magetan. Khusus untuk Kabupaten Pacitan dilakukan secara mandiri.

Kemudian ujian dibagi menjadi 3 sampai 4 sesi untuk hari selain Jumat, mulai jam 06.30 WIB, sampai pukul 16.10 WIB. Peserta harus hadir lebih awal, buat registrasi. Sedangkan hari Jumat dibagi 2 sesi.

"Ujian telah kami mulai tanggal 10 November hingga besok Jumat 17 November 2023. Tes menggali kemampuan dasar peserta. Jika lolos ada sleksi Kompetensi Bidang. Mulai dari  kualifikasi pendidikan, serta bidangnya sesuai dengan jabatan yang dilamar," pungkasnya.

Baca Juga: Keseruan Wisata Pasar Pundensari Madiun

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya