Bengawan Solo Meluap, 90 KK di Ngawi Mengungsi

Warga mengungsi ke tempat lebih aman

Ngawi, IDN Times - Banjir luapan Sungai Bengawan Solo kembali merendam pemukiman warga di kawasan Kota Ngawi, Jawa Timur. Sebanyak 90 kepala keluarga (KK) terpaksa mengungsi akibat rumahnya terendam banjir pada Senin (11/03/2024) dini hari tadi.

1. Ketinggian air di gang pudak 1 meter

Bengawan Solo Meluap, 90 KK di Ngawi MengungsiTerparah pada gang Pudak ketinggian air luapan Bengawan Solo 1 meter. IDN Times/ Riyanto

Saat ini ketinggian air di Sungai Bengawan Madiun sedikit turun. Namun pada sungai Bengawan Solo malah sebaliknya, permukaan air naik. Mengakibatkan air setinggi satu meter masuk kedalam rumah-rumah di gang Pudak Kelurahan Margomulyo.

Sebanyak 58 KK mengungsi ke tempat saudara maupun tetangga yang rumahnya aman dari banjir. Lainnya mengungsi ke posko terdekat. 

"Jam 2 pagi itu air naik naik terus dan pagi ini berkurang dikit masih menggenangi dalam rumah kami bertahan di rumah yangnlainnya mengungsi semua," kata Riska, salah seorang warga.

Beruntung harta benda mereka sudah diselamatkan lebih dulu oleh warga dibantu petugas sejak banjir datang pada Minggu siang.

"Kami sudah antisipasi sebelumnya, barang barang telah kami selamatkan terlebih dahulu ketempat aman ya. Dan benar banjir juga ini," terangnya.

2. Sebanyak 32 KK di kelurahan Karangtengah mengungsi

Bengawan Solo Meluap, 90 KK di Ngawi MengungsiLansia anak-anak dan wanita mengungsi ketempat yang aman. IDN Times/ Riyanto

Tidak hanya pada kelurahan Margomulyo, banjir luapan Sungai Bengawan Solo juga merendam pemukiman warga di Kelurahan Karangtengah. 

"Ya ni mengungsi di rumah saudara ini banjir luapan dari sungai bengawan solo bukan bengawan madiun," kata Triyoso, warga terdampak.

Menurut Triyoso, sebanyak 32 KK di kelurahannya mengungsi ke rumah-rumah tetangga yang tidak terkena banjir. Mereka juga membawa barang berharga miliknya.

Fajar Hermawan Sutanto, Lurah Margomulyo, mengatakan, warga yang mengungsi terdiri dari anak-anak, lansia, dan perempuan. "Semua 58 KK yang terdampak dalam kondisi baik ya. Sedang para pria berjaga tetap tinggal di rumah," kata Fajar.

Untuk kebutuhan makan, para pengungsi mendapatkan nasi dari dapur umum yang disediakan oleh pemerintah setempat.

3. Luapan banjir Bengawan Madiun mulai surut

Bengawan Solo Meluap, 90 KK di Ngawi MengungsiLansia anak-anak dan wanita mengungsi ketempat yang aman. IDN Times/ Riyanto

Hingga siang ini, air luapan Sungai Bengawan Solo yang menggenangi pemukiman warga belum surut. Sementara itu, kondisi banjir luapan Sungai Bengawan Madiun yang menggenangi desa-desa di 5 kecamatan di Ngawi terpantau mulai berangsur surut.

Sebelumnya diberitakan Banjir luapan Sungai Bengawan Madiun menggenangi sejumlah desa di 5 kecamatan di Ngawi pada Minggu (10/3/2024) siang. 

Aktivitas warga lumpuh total karena seluruh jalan tergenang air. Banjir di Desa Pleset, Kecamatan Pangkur, ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa dan masuk kedalam rumah-rumah warga.

Baca Juga: Seorang Pemuda di Ngawi Dikeroyok 7 Orang Bersajam

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya