95 Orang Meninggal Akibat Lakalantas di Magetan Selama 2023

Fatalitas tertinggi pada penguna kendaraan roda dua

Magetan, IDN Times - Sepanjang tahun 2023 Kepolisian Resor Magetan mencatat ada  sebanyak 95 penguna jalan tewas akibat  kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

1. Angka lakalantas naik, fatalitas turun

95 Orang Meninggal Akibat Lakalantas di Magetan Selama 2023Dua siswi MTs di Dolopo Madiun tewas ditabrak bus PO Jaya. IDN Times/ Istimewa

Angka lakalantas alami kenaikan, pada tahun 2022 ada sebanyak 835 kasus, sedang tahun ini ada sebanyak 880 kasus. Naik 46 kejadian bila dibandingkan dari tahun lalun. Namun angka fatalitas diklaim menurun tipis.

Kapolres Magetan AKBP Satria Permana mengatakan, korban meninggal karena kecelakaan di tahun 2023 menurun. Di tahun 2022, korban meninggal mencapai 97 orang.

"Untuk korban secara keseluruhan baik yang meninggal dan luka-luka mayoritas merupakan karyawan dan pelajar. Masing-masing jumlahnya 894 dan 368," kata Satria dalam Anev Kamtibmas di Gedung Pesat Gatra Polres Magetan, Jumat (29/12/2023)

Baca Juga: Libur Nataru Jalur Menuju Telaga Sarangan Magetan Macet

2. Kecelakaan didominasi roda dua

95 Orang Meninggal Akibat Lakalantas di Magetan Selama 2023Dua siswi MTs di Dolopo Madiun tewas ditabrak bus PO Jaya. IDN Times/ Istimewa

Untuk jumlah kendaraan yang terlibat mencapai 1.422 unit dan didominasi kendaraan roda dua yang mencapai 1.208 unit. Untuk mobil penumpang dan mobil barang masing-masing mencapai 98 unit dan 94 unit.

Dari 880 kejadian, 852 kejadian kecelakaan berada di kawasan permukiman, kemudian 23 diantaranya di kawasan wisata. Kemudian, mayoritas kecelakaan terjadi di jalan kabupaten dan provinsi masing-masing sebanyak 518 dan 124.

"Kami mengimbau pada masyarakat agar menaati peraturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan. Selain itu, juga memastikan kondisi kendaraan prima dan mampu melalui jalur pegunungan di Magetan. Jika dirasa tidak mampu, lebih baik mencari jalur alternatif lain yang lebih aman," pungkasnya

3. Penyebab utama lakalantas

95 Orang Meninggal Akibat Lakalantas di Magetan Selama 2023Dua siswi MTs di Dolopo Madiun tewas ditabrak bus PO Jaya. IDN Times/ Istimewa

Ditambahkan Kasat Lantas Polres Magetan, AKP Soni Sudartanto, faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas di Magetan akibat beberapa faktor.

"Seperti tidak menggunakan helm, tidak menyalakan lampu, dan mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan," kata Soni.

Kemudian kondisi kendaraan yang tidak laik jalan. Kondisi jalan yang tidak memadai, seperti jalan rusak dan licin. Faktor cuaca, seperti hujan dan kabut.

"Kami himbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Selain itu, juga harus menaati peraturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan," pungkasnya.

Baca Juga: El Nino Terjang Pertanian Padi di Magetan

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

All

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya