419 Jamaah Haji Magetan Tiba, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Diduga kelelehan saat di perjalanan

Magetan, IDN Times – Sebanyak 419 jemaah haji asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dari kloter 17 dan 18 tiba dengan selamat di kampung halaman pada Kamis (27/06/2024). Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, dr. Rohmad Hidayat, menyatakan kondisi umum para jemaah cukup baik.

Meski begitu, ada satu jemaah haji yang dilarikan ke rumah sakit. Sebab kondisi kesehatannya kurang baik saat tiba di Tanah Air.

1. Kesehatan jamaah cenderung baik dibanding tahun lalu

419 Jamaah Haji Magetan Tiba, Satu Orang Dilarikan ke Rumah SakitSatu jamaah begitu tiba di GOR Ki Mageti kesehatannya drop. IDN Times/ Riyanto.

Tidak semua jemaah tiba dalam kondisi prima. Seorang jemaah lansia dilarikan ke RSUD dr. Sayidiman setelah diduga mengalami kelelahan saat tiba di GOR Ki Mageti. 

"Kondisi jemaah secara keseluruhan baik, dan kami berharap tidak ada kasus kesehatan yang menonjol. Kami akan terus memantau kesehatan mereka selama sekitar 21 hari ke depan. Dibandingkan tahun lalu, kondisi jemaah haji tahun ini relatif lebih baik," ujarnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Tuban Meninggal Dunia saat Pesawat Transit 

2. Tiga jemaah mengalami masalah kesehatan

419 Jamaah Haji Magetan Tiba, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit419 jamaah haji tiba di GOR Ki Mageti Magetan. IDN Times/ Riyanto.

Tim Kesehatan Haji dari Public Safety Center (PSC) Magetan, dr. Erwin Muhammad Fauzi, mengungkapkan bahwa tiga jemaah sebelumnya dikategorikan berisiko sakit berdasarkan observasi tim medis di Tanah Suci.

"Salah satu jemaah yang merupakan pasien diabetes melitus (DM) mengalami penurunan gula darah hingga tak sadarkan diri dan saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Haji Surabaya. Dua jemaah lainnya mengalami demam tinggi, batuk, dan pilek, namun kondisinya kini membaik dan sudah kembali ke Magetan," jelas dr. Erwin.

3. Satu jemaah masih dirawat di rumah sakit haji

419 Jamaah Haji Magetan Tiba, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit419 jamaah haji tiba di GOR Ki Mageti Magetan. IDN Times/ Riyanto.

Seorang jemaah lainnya yang menderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) mengalami sesak nafas saat turun dari pesawat. Setelah mendapatkan oksigenasi, kondisinya membaik dan ia diperbolehkan pulang ke Magetan. 

"Hingga saat ini, masih ada satu pasien yang dirawat di Rumah Sakit Haji Surabaya, dan satu lainnya dibawa ke RSUD dr. Sayidiman karena diduga kelelahan. Alhamdulillah, tidak ada jemaah dari rombongan ini yang menjalani perawatan di Makkah," pungkas Erwin.

Baca Juga: Satu Lagi Jamaah Haji asal Magetan Meninggal Dunia

Riyanto Photo Community Writer Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya