SDN Setono Ponorogo Terancam Diregruping

Pada tahun ajaran ini, taka ada satu pun siswa di kelas 1

Ponorogo, IDN Times - SDN Setono di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terancam diregruping karena tidak mendapatkan satupun murid baru kelas 1 pada tahun ajaran 2024/2025 ini. Sekolah yang dulunya ramai kini hanya dihuni 20 siswa dari kelas 2 hingga 6.

1. Penyebab tak dapat murid

SDN Setono Ponorogo Terancam DiregrupingSuasana SDN Setono di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. IDN Times/ Riyanto.

Menurut Suhadi, Plt Kepala Sekolah SDN Setono, salah satu penyebab utama kekurangan murid baru adalah meningkatnya jumlah sekolah swasta di sekitar wilayah tersebut. Orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta yang dianggap memiliki kualitas pendidikan lebih baik.

"Selain itu angka kelahiran menurun, dilihat dari jumlah siswa TK saja juga minim ya. Ditambah pada lingkungan desa Sentono sendiri banyak sekolah lain juga. Kami tidak mungkin memaksa wali murid menyekolahkan anaknya di SD ini juga," kata Suhadi, Selasa (16/7/2024).

Apabila nanti ada orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sini kami siap menerimanya. "Kapan saja kami siap, kami tidak akan menutup pendaftaran," terangnya.

Baca Juga: SDN Jatimulyo 4 Kota Malang Putus 1 Angkatan Tahun Ini

2. Berbagai upaya telah dilakukan

SDN Setono Ponorogo Terancam DiregrupingSuasana SDN Setono di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. IDN Times/ Riyanto.

Upaya jemput bola seperti door-to-door dan pemberian seragam gratis pun telah dilakukan oleh pihak sekolah dan salah satu guru, Aprilia Fitriani, namun belum membuahkan hasil yang signifikan.

"Sudah kami lakukan berbagai upaya agar para orang tua mau menyekolahkan anaknya di SD Sentono ini. Tapi ya itu tadi para orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di sekolah lain," tambah Aprilia.

Masih menurutnya, sesuai himbau kepalan sekolah, meskipun tahun ajaran baru sudah dimulai, SDN Setono masih membuka pendaftaran siswa baru dengan harapan masih ada orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sana.

3. Kasus SDN Setono ini bukan satu-satunya

SDN Setono Ponorogo Terancam DiregrupingSuasana SDN Setono di Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. IDN Times/ Riyanto.

Fenomena kekurangan murid baru di sekolah negeri terjadi di berbagai daerah di Indonesia, dipengaruhi oleh faktor seperti menjamurnya sekolah swasta, sistem zonasi, dan berkurangnya minat masyarakat terhadap sekolah negeri.

Pemerintah perlu mengambil langkah strategis untuk mengatasi permasalahan ini agar tidak semakin memperparah kesenjangan pendidikan di Indonesia.

Diperlukan inovasi khusus untuk mengembalikan kejayaan sekolah negeri, termasuk SDN Setono, agar dapat terus memberikan pendidikan berkualitas bagi anak-anak bangsa.

Baca Juga: Terekam CCTV Maling Bermobil Bobol Kedai Es Teh di Ponorogo

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya