Ini Penyebab Elf Wisatawan Tuban Terguling di Jalan Tembus Sarangan

Rem terlalu panas dan posisi perseneling di gigi tiga

Magetan, IDN Times - Satlantas Polres Magetan bersama Dinas Perhubungan telah selesai melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan uji kendaraan pasca kecelakaan lalu lintas minibus yang terguling di Jalan Tembus Sarangan-Cemorosewu, Magetan, Minggu (03/03/2024). Hasil oleh TKP menyebut bahwa permasalahan rem menjadi salah satu faktor utama kecelakaan itu. 

1. Rem terlalu panas dan tidak berfungsi dengan baik

Ini Penyebab Elf Wisatawan Tuban Terguling di Jalan Tembus SaranganKanit Gakkum Satlantas Polres Magetan Ipda Agnes Triananda. IDN Times/ Riyanto.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Magetan, Ipda Agnes Triananda mengungkapkan, rem minibus sejatinya berfungsi normal. Namun, sistem pengeremannya terlalu panas karena dipakai di jalan yang menurun. Kondisi itulah yang membuat Isuzu Elf bernopol S 7283 A yang dikemudikan Supriyanto. itu terguling di ruas jalan menjelang Lawu Green Forest.

"Selain itu, kami juga menemukan posisi persneling minibus masuk gigi tiga saat terguling. Ini masih kami dalami lebih lanjut," kata dia, Senin (4/3/2024). 

2. Sebanyak 11 penumpang yang luka masih dirawat di rumah sakit

Ini Penyebab Elf Wisatawan Tuban Terguling di Jalan Tembus SaranganIsuzu Elf nopol S 7283 A yang membawa 17 wisatawan asal Desa Sidomulyo Kecamatan Kota Tuban terguling di jalan Tembus Sarangan. IDN Times/ Riyanto

Sementara itu, 11 penumpang yang menderita luka masih dalam perawatan di dua rumah sakit. Di RSUD dokter Sayidiman Magatan dan di rumah sakit patah tulang Solo Jawa Tengah. Triananda pun mengimbau pengendara bermotor berhati-hati ketika melintas di Jalan Raya Sarangan-Cemorosewu. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan. 

"Gunakan rem dengan hati-hati, terutama di jalan menurun. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada," pungkas Agnes.

3. Kronologi awal kecelakaan

Ini Penyebab Elf Wisatawan Tuban Terguling di Jalan Tembus SaranganIsuzu Elf nopol S 7283 A yang membawa 17 wisatawan asal Desa Sidomulyo Kecamatan Kota Tuban terguling di jalan Tembus Sarangan. IDN Times/ Riyanto

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu (03/03/2024), sekitar pukul 11.30. WIB, Isuzu Elf bernopol S 7283 A terguling. Elf yang dikemudikan sopir bernama Supriyanto itu membawa 14 penumpang wisatawan asal Desa Sidomulyo, Tuban. Mereka sedang dalam perjalanan usai berlibur di Telaga Sarangan.

Saat melintas di Jalan Tembus Sarangan-Cemorosewu yang menurun, rem minibus blong. Sopir berusaha mengendalikan kendaraan, namun tidak berhasil dan minibus terguling. Sebanyak 11 penumpang mengalami luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga: Elf Wisatawan Asal Tuban Terguling di Jalan Raya Sarangan Magetan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya